Salah satu cara paling cepat agar kamu bisa cepat jago dan lancar bahasa Inggris adalah dengan banyak ngobrol dengan bahasa Inggris secara langsung dengan native speakers. Kenapa harus dengan native speakers? Karena native speakers sudah dari lahir terbiasa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Native speakers akan memperhatikan cara kamu ngobrol dengan mereka. Mereka bisa membantu kamu memperbaiki grammar atau pronunciation kamu yang selama ini masih kurang bagus. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan untuk ngobrol dengan native speakers secara gratis. Kamu bisa dengan mudah mengunduhnya di AppStore atau Playstore

Penasaran apa saja aplikasi untuk chat dengan bule? Yuk simak rekomendasi aplikasinya di bawah ini.

Aplikasi untuk chat dengan bule

1. Speaky

Aplikasi Speaky cocok banget buat kamu yang ingin cepat-cepat belajar bahasa Inggris dengan native speakers setelah mengunduh aplikasinya. Setelah mendaftar dalam aplikasi Speaky, kamu langsung akan bisa melihat native speakers yang sedang online dan memiliki ketertarikan atau hobi yang sama dengan kamu. 

Kamu bisa langsung memilih native speakers yang sedang available untuk diajak chatting dengan bahasa Inggris. Kamu bisa mengirim pesan ke siapa pun, dan siapa saja bisa mengirim pesan ke kamu.

2. HelloTalk

HelloTalk saat ini sudah punya lebih dari 18 miliar pengguna lho. Dengan aplikasi ini kamu bisa terhubung dengan native speakers bahasa Inggris di seluruh belahan dunia yang memiliki kesamaan profil pengguna dengan kamu. 

Selain bertukar pesan kamu juga bisa mengirimkan foto, emoji, dan gambar ke partner belajar bahasa Inggris kamu. Semakin lama kamu berinteraksi dengan orang lain, kamu nantinya akan mendapatkan fitur-fitur lain, seperti mengirim pesan suara dan menelpon secara gratis. Tertarik download HelloTalk?

3. Tandem

Aplikasi chatting dengan native speakers yang bisa kamu unduh selanjutnya adalah Tandem. Setelah mendaftarkan diri dalam aplikasi Tandem, kamu langsung bisa mencari partner untuk ngobrol dengan bahasa Inggris baik melalui obrolan teks ataupun dengan suara. 

Konsep aplikasi Tandem sebenarnya saling belajar dan mengajar. Selain bisa belajar bahasa Inggris dengan native speakers, kamu juga harus mengajari partner ngobrol kamu bahasa Indonesia. Jadi tak hanya kamu yang mendapat ilmu tentang bahasa Inggris, namun partner kamu juga ikut belajar bahasa yang sudah kamu kuasai.

4. MyLangugageExchange

Jika aplikasi seperti Tandem dan HelloTalk cocok untuk mengobrol secara jangka pendek saja, maka MyLanguageExchange adalah kebalikannya. Kamu bisa membangun pertemanan dan ngobrol dengan native speakers dengan jangka waktu yang lebih panjang. 

Setelah kamu berkenalan dengan native speakers dan merasa nyaman saat ngobrol, kamu bisa langsung bertukar kontak dan beralih ke aplikasi chatting lain seperti Whatsapp, Instagram, Line, Telegram, dan lain-lain lho. Meskipun tampilan website MyLanguageExchange sudah sangat ketinggalan jaman, masih banyak orang yang setia memanfaatkan MyLanguageExchange untuk belajar bahasa Inggris langsung dengan native speakers.

5. HiNative

HiNative cocok banget buat kamu yang ingin cari partner belajar bahasa Inggris dari level apapun. Aplikasi ini memberikan layanan tanya jawab untuk belajar bahasa. Kamu bisa bertanya tentang materi bahasa Inggris apapun, dan nantinya akan ada native speakers yang dengan senang hati membantu kamu menjawab rasa penasaranmu tentang materi tersebut.

Selain bertanya kamu juga bisa ikut menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bahasa Inggris maupun tentang bahasa Indonesia. Kamu bisa berdiskusi dengan native speakers dari berbagai penjuru dunia tentang materi bahasa Inggris.

6. Ablo

Belum bisa bahasa Inggris sama sekali tapi pengen ngobrol dengan native speakers pake bahasa Inggris? Jangan khawatir aplikasi Ablo solusinya! Fitur utama Ablo yang paling menarik yaitu bisa menerjemahkan teks secara otomatis dan memberikan subtitle saat sedang video call. Jadi kamu tidak perlu khawatir kebingungan lagi saat ngobrol dengan native speakers.

Kamu bisa terhubung dan chatting langsung dengan native speakers dari mana saja di seluruh belahan dunia dengan bantuan fitur terjemahan dari Ablo. Menarik banget ya?

Nah itu tadi aplikasi-aplikasi yang bisa kamu unduh untuk bisa chat dengan bule agar lebih cepat lancar dan jago berbahasa Inggris. Saat berkomunikasi dengan native speakers yang baru kamu temui di aplikasi-aplikasi tersebut kamu juga harus berhati-hati ya! Jangan sampai kamu mudah percaya dengan mereka dan ditipu! Selamat belajar!

Buat sobat Englishvit yang masih bingung nih mau mulai belajar bahasa Inggris darimana, ikut aja live class English for Basic di Englishvit. Di kelas English for Basic, kamu akan mempelajari skill dan materi dasar bahasa Inggris dari NOL hingga BISA yang nantinya akan jadi landasan buat untuk menguasai bahasa Inggris. Selain guru yang profesional, kamu juga bisa bertemu teman-teman dari berbagai daerah dan background untuk saling praktek bahasa Inggris bersama loh. Seru kan? Klik DI SINI untuk mendaftar.