Rekomendasi kampus terbaik di Yogyakarta untuk calon-calon mahasiswa baru yang ingin berkuliah di Yogyakarta. Yogyakarta sudah sejak lama terkenal sebagai kota pendidikan yang berisi sebagian kampus-kampus terbaik di Indonesia. 

Pertengahan tahun ini akan jadi bulan penerimaan mahasiswa baru di hampir seluruh kampus di Indonesia. Siswa kelas 3 SMA atau SMK pasti sedang sibuk-sibuknya mencari kampus terbaik sebagai incaran. Memilih kampus harus dipertimbangan secara matang lho. Kamu harus memperhatikan peringkat, akreditasi, dan profil lulusannya.

6 Rekomendasi Kampus Terbaik di Yogyakarta

Buat kamu calon-calon mahasiswa baru, yuk simak artikel dibawah ini untuk tahu kampus-kampus terbaik yang ada di Yogyakarta versi QS AUR 2022. 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia sekaligus di Yogyakarta. Pada tahun 2022, UGM mendapatkan peringkat ke 2 sebagai kampus terbaik di indonesia versi QS AUR. Saat ini, UGM memiliki 18 fakultas dan 2 sekolah yang menyelenggarakan program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, diploma, serta program internasional. Jurusan-jurusan yang banyak diminati di UGM antara lain Pendidikan Dokter, Psikologi, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Farmasi, Ilmu Hubungan Internasional, Teknologi Informasi, Akuntansi, Manajemen, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu sudah membidik UGM sebagai kampus idaman di masa depan, kamu harus mempersiapkan diri sedini mungkin karena sainganmu bakalan banyak banget. Pada tahun 2021 saja, ada lebih dari 180 ribu orang mendaftar seleksi kuliah di UGM, namun hanya 9210 yang diterima lho. Udah mulai latihan soal dari sekarang kan?

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Siapa yang nggak tau Universitas Islam Indonesia? Universitas yang kampusnya berada di Jalan Kaliurang ini merupakan perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia lho. UII, saat ini, memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 4 program diploma, 25 program sarjana, 3 program profesi, 13 program magister dan 4 program doktor. Kampus ini juga sudah mendapat akreditasi A dari BAN PT lho. Dan, hampir 75% program studi di UII juga sudah mendapatkan akreditasi A.

Pada tahun 2021, UII menerima 4950 mahasiswa baru dari total lebih dari 2100 pendaftar. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di UII, segera daftarkan diri kamu ya! Pendaftaran masuk perguruan tinggi ini sudah dibuka sejak tanggal 14 Desember 2021 lalu lho.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun ini masuk dalam peringkat ke 16 sebagai kampus terbaik di indonesia menurut QS AUR. Sama dengan UII, UMY saat ini juga memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 3 program vokasi, 23 program sarjana, 7 program magister, 3 program doktor dan 5 program pendidikan profesi. 

Program studi yang mendapat predikat akreditasi unggul, antara lain agribisnis, agroteknologi, akuntansi, hubungan internasional, hukum, ilmu pemerintahan, manajemen, pendidikan agama islam, teknik sipil, ekonomi, dan lain-lain. Pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 di UMY sudah dimulai sejak 11 Oktober 2021 lalu lho. Buat kamu calon maba UMY, segera kunjungi website resmi UMY untuk mendaftarkan diri.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta yang dulunya dikenal sebagai IKIP Yogyakarta. Pada tahun ini UNY mendapatkan peringkat ke 20 sebagai kampus terbaik di Indonesia menurut QS AUR. Universitas Negeri Yogyakarta saat ini memiliki 7 fakultas yang terdiri dari fakultas ilmu pendidikan, bahasa dan seni, matematika dan ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial, teknik, ilmu keolahragaan dan fakultas ekonomi.

UNY saat ini punya 3 kampus yang terletak di 3 kabupaten yang berbeda di Yogyakarta, yaitu di Sleman, Kulon Progo dan Gunung Kidul. Kampus ini juga sangat terkenal sebagai universitas yang mencetak guru-guru terbaik bagi indonesia. Apabila kamu tertarik menjadi guru, UNY bisa jadi salah satu opsi kamu saat memilih kampus. Jurusan yang paling banyak diminati di UNY adalah manajemen, ilmu komunikasi, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan matematika, pendidikan teknologi informasi, pendidikan biologi, dan masih banyak lagi.

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta didirikan sejak September 1965 lalu oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta.. Kampus ini mendapatkan peringkat ke 22 tingkat nasional sebagai kampus terbaik di Indonesia berdasarkan QS AUR. Selain merupakan salah satu kampus terbaik di Yogyakarta, UAJY juga sudah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A dari BAN PT.

Saat ini, UAJY telah memiliki 6 fakultas yaitu fakultas teknologi industri, fakultas teknik, fakultas bisnis dan ekonomika, fakultas teknobiologi, fakultas hukum, dan fakultas ilmu sosial dan politik. Pendaftaran di UAJY sudah mulai dilaksanakan sejak 4 Oktober 2021 lho. Kalau kamu tertarik melanjutkan kuliah di UAJY, segera cek website resminya untuk mengetahui alur pendaftaran kampus ini. Jangan sampai ketinggalan!

6. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan dulunya dikenal sebagai IKIP Muhammadiyah Yogyakarta yang merupakan pengembangan dari FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta. Sebagai salah satu kampus terbaik di Yogyakarta, UAD juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Selain itu, sebagian besar program studi di UAD sudah mendapatkan akreditasi A dan B lho. 

UAD saat ini sudah memiliki 11 fakultas. Prodi-prodi yang banyak diminati para pendaftar antara lain prodi teknologi informas, psikologi, bahasa dan sastra inggris dan farmasi. Pendaftaran gelombang 1 di UAD sudah dibuka sejak tanggal 15 November 2021 lho. Jika UAD jadi salah satu kampus incaran kamu, jangan sampai ketinggalan tanggal pendaftarannya lho.

Nah, itu dia 6 universitas terbaik di Yogyakarta berdasarkan QS AUR (Asia University Rankings) 2022. Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Yogyakarta, semoga daftar di atas bisa memberikan kamu gambaran kampus-kampus terbaik di Yogyakarta dan sebagai panduan untuk memilih kampus nantinya.

Kamu tau nggak kalau kemampuan bahasa Inggris juga penting dimiliki sebelum kamu masuk perguruan tinggi? Sebagian besar kampus akan menguji kemampuan bahasa Inggris kamu lewat tes TOEFL lho. Skor tes TOEFL di universitas sering digunakan sebagai persyaratan kelulusan dan persyaratan saat mendaftar beasiswa.

Yuk, persiapkan diri kamu dengan mengikuti program Grammar for TOEFL Hack di Englishvit. Di program Grammar for TOEFL Hack, kamu akan mendapatkan tips and trik mengerjakan soal grammar TOEFL dari guru yang profesional dan berpengalaman. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program Grammar for TOEFL Hack!