Selain biaya hidupnya yang cukup murah, beberapa universitas di Yogyakarta juga memiliki biaya persemester yang murah pula. Uang semester atau UKT pasti menjadi pertimbangan saat akan mendaftar perguruan tinggi, karena harus dibayarkan berkali-kali hingga selesainya masa studi. Tak jarang banyak mahasiswa yang tidak bisa melanjutkan kuliah karena kesulitan untuk membayar uang UKT per semesternya. 

6 Rekomendasi Universitas Murah di Jogja

Agar hal ini tidak terjadi pula dengan kamu, yuk intip 6 universitas di jogja yang biayanya murah di bawah ini.

1. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta, atau biasa disebut sebagai ISI, merupakan perguruan tinggi negeri yang berfokus menyediakan program-program studi di bidang seni. ISI saat ini memiliki 3 fakultas dan 20 program studi yang bisa kamu pilih. Karena termasuk universitas negeri, ISI menggunakan sistem UKT. Untuk per semester, biaya UKT di ISI hanya berkisar dari 500.000 hingga 3.500.000 saja, biaya UKT berbeda tiap-tiap prodinya. Sedangkan untuk mahasiswa asing, biaya UKT nya 8.000.000 per semesternya.

2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

Di posisi kedua sebagai universitas dengan biaya murah diraih oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. UIN SUKA juga menggunakan sistem UKT yang biaya per semesternya disesuaikan dengan kemampuan orang tua mahasiswa. Biaya berkuliah di UIN SUKA berkisar dari 400.000 hingga 8.350.000. Prodi dengan UKT tertinggi dimiliki oleh prodi teknik informatika kelompok 7 yaitu 8.350.00 persemesternya. Saat ini UIN SUKA mempunyai 8 fakultas dan 41 program studi sarjana.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Siapa yang tak kenal dengan Universitas Negeri Yogyakarta? Selain terkenal dengan program-program studi keguruannya, universitas ini juga terkenal memiliki biaya kuliah yang murah. Tiap semester, mahasiswa UNY hanya perlu membayar UKT yang berkisar dari 500.000 hingga 6.350.000. Prodi termahal dimiliki oleh kelompok prodi di Fakultas Teknik UNY. UNY saat ini memiliki 7 fakultas yang terdiri dari puluhan prodi yang bisa kamu pilih. 

4. Politeknik ATK Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta merupakan perguruan tinggi yang berada dibawah naungan Kementrian Perindustrian RI. Biaya berkuliah di ATK Yogyakarta hanya 2.5000.000 saya per semester. Jadi, untuk menyelesaikan studi D3 dengan total 6 semester, mahasiswa hanya perlu menghabiskan biaya sebesar 15 juta saja. ATK Yogyakarta saat ini hanya memiliki 3 jurusan yaitu jurusan Teknologi Pengolahan Kulit (TPK), Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP), dan Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK). Tertarik kuliah di Politeknik ATK Yogyakarta?

5. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta merupakan perguruan tinggi yang berada dibawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Biaya berkuliah di perguruan tinggi ini berkisar dari 4.700.000 hingga 5.800.000 per semesternya. Biaya tersebut belum termasuk biaya asrama ya. Prodi termahal dimiliki oleh prodi D4 kebidanan. Poltekkes Kemenkes saat ini hanya memiliki 6 jurusan dengan 12 prodi. Buat kamu yang ingin berkarir di bidang kesehatan bisa berkuliah di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta nih!

6. Akademi Angkatan Udara (AAU)

Jika kamu ingin berkuliah di AAU kamu tak perlu memikirkan biaya UKT atau uang semester karena seluruh biaya pendidikan di AAU ditanggung oleh pemerinta. Biaya tersebut termasuk dalam biaya pendaftaran dan biaya hidup selama di asrama ya. Setelah menyelesaikan studi, lulusan AAU harus bekerja di lingkungan TNI AU. AAU saat ini hanya memiliki 4 program studi jenjang Diploma 4 yaitu prodi Pertahanan TNI Angkatan Udara, Teknik Aeronautika Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, dan Teknik Manajemen Industri Pertahanan.

Itu tadi 6 universitas di Yogyakarta yang memiliki biaya per semester yang murah. Semoga daftar diatas bisa membantu kamu menentukan universitas tempat kamu berkuliah di masa depan ya.

Kamu tau nggak kalau kemampuan bahasa Inggris itu penting dimiliki sebelum kamu masuk perguruan tinggi? Sebagian besar kampus akan menguji kemampuan bahasa Inggris kamu lewat tes TOEFL lho. Skor tes TOEFL di universitas sering digunakan sebagai persyaratan kelulusan dan persyaratan saat mendaftar beasiswa.

Yuk, persiapkan diri kamu dengan mengikuti program Grammar for TOEFL Hack di Englishvit. Di program Grammar for TOEFL Hack, kamu akan mendapatkan tips and trik mengerjakan soal grammar TOEFL dari guru yang profesional dan berpengalaman. 

Akan ada 600 soal grammar+pembahasannya, serta 60 video berisi tips mengerjakan soal grammar TOEFL. Kamu hanya perlu membayar sekali, dan program ini bisa kamu akses seumur hidup lho! Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program Grammar for TOEFL Hack!