Masih sering bingung dan suka salah waktu pakai grammar bahasa Inggris? Pakai aplikasi-aplikasi ini untuk membantu kamu nulis kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar. Nulis pakai bahasa Inggris memang gampang-gampang susah. Orang yang udah jago ngomong pakai bahasa Inggris pun masih bisa sering salah lho kalau nulis.

 

Saat speaking, orang jarang notice kalau kamu melakukan kesalahan grammar. Tapi beda dengan writing, orang yang baca tulisan kamu akan dengan mudah notice kesalahan yang kamu buat karena mereka bisa membacanya berulang-ulang kali.

 

Buat ngurangin kesalahan saat writing, kamu bisa pakai aplikasi atau layanan grammar checker atau pengecek grammar yang sekarang udah banyak tersedia secara gratis. Apalagi buat para sobat Englishvit yang masih sekolah ataupun kuliah, bisa banget manfaatin aplikasi ini biar dapet nilai tugas bahasa Inggris yang bagus.

 

Apa aja yang bakal dicek dalam tool grammar checker?

Ada beberapa hal dari tulisan kamu yang pasti diperiksa saat pakai grammar checker, yaitu:

  • Penggunaan grammar
  • Spelling, typo atau kesalahan penulisan
  • Penggunaan tanda baca
  • Pemilihan kata
  • Penggunaan kalimat pasif

 

 

Aplikasi untuk cek grammar yang akurat

Setelah tahu manfaat yang bisa kamu dapet dari dari tool ini, yuk kita bahas satu per satu fitur dan keunggulan dari masing-masing aplikasi cek grammar yang Englishvit rekomendasikan di bawah ini.

 

1. ProWritingAid

Selain ngecek grammar, tanda baca, pemakaian vocab, ProWritingAid juga ngasih report penjelasan rinci tentang kesalahan dalam tulisan kamu. Lewat report itu kamu juga jadi bisa ningkatin skill writing kamu lho, karena bakal ada lesson tentang grammarnya juga.

 

Unfortunately, aplikasi ini cuma bisa diinstal di laptop atau komputer aja, guys. Kamu bisa pakai aplikasi ini berbarengan saat lagi nulis pakai Google Docs, Gmail, atau WordPress. Jadi, tulisan kamu bakalan langsung dikoreksi saat itu juga.

 

2. Hemingway Editor

Beda dengan ProWritingAid, aplikasi Hemingway bisa diinstal di HP, laptop, atau komputer. Atau tanpa instal aplikasinya pun kamu juga langsung bisa pakai layanan grammar checker dari Hemingway.

 

Dari semua aplikasi yang bakal direkomendasikan, cuma Hemingway yang nggak ngasih penjelasan tentang pelajaran grammar secara lengkap. Aplikasi ini cuma nunjukin kesalahan grammar di tulisan kamu, dan ngasih rekomendasi pemakaian vocab, tanda baca, dan lain-lain. 

 

3. Grammarly

Siapa yang nggak tahu Grammarly? Aplikasi ini jadi aplikasi grammar checker yang paling populer dan paling banyak dipakai oleh orang-orang. Kamu bisa pakai layanan ini lewat websitenya secara langsung. Hanya dengan copy and then paste, tulisan kamu bakal langsung dicek keakuratan pemakaian grammarnya.

 

Tapi, nggak semua fitur dari Grammarly bisa pakai secara gratis. Apalagi fitur plagiarism checker nya. Kalau mau pakai fitur untuk mengecek plagiarisme nya, kamu harus membayar 12$ atau sekitar 170 ribu rupiah per bulannya. Aplikasi ini sudah bisa kamu download di App Store atau Google Play Store. 

 

 

4. Ginger

Kayak Grammarly, Ginger juga ngasih fitur gratis pengecekan grammar dan ejaan tulisan dalam bahasa Inggris. Lewat aplikasi ini kamu juga bisa tahu jumlah karakter, jumlah kata, dan jumlah kalimat dari teks yang kamu tulis. 

 

Ginger juga bisa bantu kamu nemuin dan memperbaiki kata-kata yang sering digunakan secara berulang-ulang dalam tulisan, dengan ngasih rekomendasi sinonim dari kata tersebut. So, vocab dalam tulisan kamu bisa jadi tambah bervariasi dan nggak monotonous

 

5. Linguix

Rekomendasi selanjutnya adalah aplikasi Linguix. Aplikasi ini bisa memeriksa kesalahan tulisan dan memberikan saran grammar, tanda baca, dan gaya bahasa yang sesuai konteks tulisanmu. 

 

Saat pakai Linguix, kamu bisa menyesuaikan filter gaya bahasa sesuai keinginan kamu. Secara otomatis Linguix juga akan memberikan saran pembetulan grammar sesuai dengan keinginan kamu. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu membuang waktu untuk mengabaikan saran yang tidak relevan dengan keinginan kamu.

 

6. WhiteSmoke

Sebagai aplikasi cek grammar bahasa Inggris online, WhiteSmoke bertugas untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa, spelling, gaya bahasa, dan tanda baca. Tool grammar checker ini hadir dalam tiga versi, yaitu versi mobile, versi PC, dan versi web.  

 

WhiteSmoke juga memiliki kamus untuk lebih dari 50 bahasa, lebih dari 100 template penulisan, dan tutorial video tentang penjelasan kesalahan grammar dan pemeriksa plagiarisme yang bisa kamu akses secara gratis seluruhnya.

 

 

7. LanguageTool

Selain bisa dipakai untuk cek grammar bahasa Inggris, LanguageTool juga bisa kamu pakai untuk mengecek tata bahasa dari 20 bahasa lain, seperti bahasa Jerman, Spanyol, Tagalog, Perancis, Mandarin, dan masih banyak lagi. 

 

Fitur grammar checker dari LanguageTool bisa kamu akses lewat website resminya. Atau kamu juga bisa memasang ekstensinya supaya bisa dipakai langsung bersamaan saat menulis.

 

Itu dia rekomendasi aplikasi yang bisa kamu pakai untuk ngecek pemakaian grammar saat nulis pakai bahasa Inggris. Hopefully, rekomendasi ini bermanfaat buat ningkatin kemampuan grammar bahasa Inggris para sobat Englishvit baik saat menulis ataupun saat speaking. 

 

Buat kalian ngerasa masih sering keliru grammar saat speaking, atau sering nggak ngerasa kurang PD speaking karena takut salah grammar, yuk gabung kelas Grammar for Speaking di Englishvit.

 

Di kelas Grammar for Speaking kamu akan belajar dan memahami cara penggunaan grammar yang tepat dalam berbagai konteks percakapan. Setelah ikut kelas Grammar for Speaking, kamu dijamin bisa PD ngobrol sama pakai bahasa Inggris karena nggak lagi salah grammar.

 

Yuk, kita dengerin kata alumni Englishvit yang pernah ikutan belajar di kelas Grammar for Speaking.

 

 

Menarik kan? Ada banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join live class Grammar for Speaking. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class Grammar for Speaking.

 

Kalau kamu tertarik join tapi ingin tanya-tanya dulu seputar kelas Grammar for Speaking, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!