5 Beasiswa di benua Asia yang paling diminati oleh kebanyakan orang. Kira-kira beasiswa negara mana aja ya yang pengen kamu coba apply? Kalau masih bingung simak ulasan di bawah in ya…

“Kuliah ke luar negeri boleh, tapi daerah Asia aja ya.. Jangan jauh-jauh”

Siapa nih yang sering banget dibilangin gitu sama orangtua? Ngaku aja guys, aku juga dibilangin gitu kok.

Padahal Asia juga jauh tapi entah kenapa bapak-bapak dan ibu-ibu bilang kalau negara di Asia masih deket sama Indonesia. Tapi yaudah lah ya diturutin aja apa kata orangtua, toh negara-negara di Asia juga punya kualitas pendidikan yang bagus. 

Nah buat yang belum tau beasiswa apa aja yang ada di benua Asia, ini dia daftarnya: 

  • Malaysia International Scholarship (MIS)

Beasiswa yang berasal dari pemerintahan Malaysia ini diberikan sebagai motivasi seluruh pelajar di berbagai negara untuk dapat meningkatkan dirinya menjadi lebih baik lagi dengan dukungan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Malaysia. Beasiswa ini tersedia bagi jenjang S2 dan S3 dengan berbagai program studi yang ada. Tidak ada program studi khusus yang ditawarkan oleh MIS, namun MIS hanya menyediakan beasiswa pada kampus-kampus pilihan yang telah ditentukan seperti: Universiti Malaya (UM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Sains Malaysia (USM), Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan lain sebagainya. Karena beasiswa ini hanya mencakup biaya pendidikan dan uang saku bulanan sebesar RM 1.500 sangat disarankan kepada applicants untuk memeriksa perkiraan hidup di Malaysia. Nah buat persyaratan dan info lengkap, kamu bisa liat di sini. 

  • Singapore International Graduate Award (SINGA)

Berkolaborasi dengan Agency for Science, Technology & Research (A*STAR), Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), Singapore University of Technology and Design (SUTD) dan Singapore Management University (SMU) SINGA memberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studinya pada jenjang S3. Tidak mencakup segala program studi, SINGA hanya menyediakan beasiswa untuk program studi Biomedical Studies, Computing & Information Science, Engineering & Technology, dan Physical science. Beasiswa ini termasuk fully funded scholarship ya soalnya semua tanggungan biaya pendidikan dan hidup udah handled by sponsor. Klik di sini untuk info lebih lengkap tentang beasiswa ini. 

  • INPEX Scholarship Foundation Jepang

Berdiri pada tahun 1981, Inpex merupakan beasiswa kerjasama antara Indonesia dan Jepang dengan harapan dapat memberikan fasilitas yang baik untuk mahasiswa dari kedua negara tersebut untuk melanjutkan studi pada jenjang S2. Cara kerja dari beasiswa ini adalah INPEX membantu pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi  ke Jepang dan juga sebaliknya. Membantu pelajar Jepang untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia. Beasiswa INPEX hanya menyediakan program studi Natural Science seperti Biologi, Kimia, Fisika, Farmasi, dan hal-hal yang berkaitan dengan Natural Science lainnya. Benefit yang didapat dari beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, uang saku bulanan, uang transportasi sehari-hari, dan tiket Indonesia-Jepang. Info lebih lanjutnya bisa klik di sini. 

  • Ministry of Education (MoE) Taiwan Scholarship

Beasiswa ni bertujuan untuk mendukung para mahasiswa internasional yang berprestasi agar dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di Taiwan. Bukan termasuk fully funded beasiswa ini hanya mencakup beberapa kebutuhan mendasar para penerima beasiswa seperti uang saku bulanan dan biaya pendidikan sebesar NT$40.000 setiap semester dan jika biaya tersebut kurang maka penerima beasiswa harus memenuhinya sendiri. Nah biar informasinya nggak setengah-setengah langsung kepoin ke website aslinya aja ya. Klik sini

  • Brunei Darussalam Government Scholarship (BDGS)

Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Brunei Darussalam ini merupakan beasiswa yang diberikan pada jenjang Diploma, S1 dan S2. beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded yang berarti penerima beasiswa tidak membayar apapun dalam perjalanan studinya di Brunei Darussalam. Meskipun program studi yang ditawarkan sangat beragam, namun untuk pilihan Universitas BDGS hanya memiliki 4 pilihan Universitas yang memfasilitasi beasiswa pemerintahan Brunei Darussalam ini. Lebih lengkap tentang beasiswa ini bisa kamu cek di sini ya. 

Gimana? Dari kelima beasiswa yang ada di negara Asia itu mana nih yang paling bikin kamu pengen banget buat lanjut studi?? 

Apapun itu yang penting harus kamu harus tau kalau dapetin beasiswa itu nggak mudah dan butuh perjuangan. Semangat terus pokoknya ya..

Oiya Englishvit juga punya beberapa info beasiswa luar negeri yang bisa kamu kepoin lho.. Coba cek di sini buat lebih lengkapnya ya!