Ini dia daftar 7 kamus terbaik di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi buat kamu sebelum melanjutkan kuliah. Apa sih yang jadi pertimbanganmu waktu milih kampus buat kuliah? Biayanya? Akreditasinya? Atau reputasi kampusnya?

 

Semua point yang sudah Englishvit sebutin bisa jadi bahan pertimbangan kamu waktu milih kampus lho. Tenang… tenang… Kamu nggak perlu bingung, Englishvit bakal ngasih tau kamu daftar 7 kampus terbaik se-Indonesia versi Webometrics 2022. Check it out!

 

 

1. Universitas Indonesia (UI)

Siapa sih yang nggak kenal Universitas Indonesia? Perguruan tinggi negeri (PTN) yang satu ini pasti jadi PTN primadona yang paling banyak pendaftarnya di SNMPTN maupun ujian SBMPTN. 

 

Kampus yang almamaternya berwarna kuning ini, juga terkenal sudah mencetak banyak tokoh-tokoh terkenal di Indonesia. Salah satu contohnya Menteri Keuangan kita yang saat ini masih menjabat yaitu Ibu Sri Mulyani. 

 

Selain jadi kampus terbaik nomor satu di Indonesia, UI juga punya perpustakaan kampus terbesar nomor 1 di Asia Tenggara, lho! Kalau kamu tertarik ngelanjutin kuliah di UI, siap-siap buat saingan dengan puluhan ratus ribu calon mahasiswa lain, ya.

 

 

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus yang lokasinya ada di Jogja ini berhasil dapet peringkat kedua sebagai kampus terbaik se Indonesia. Presiden kita sekarang, Pak Jokowi, juga lulusan dari UGM, lho. 

 

Fakta unik menarik lainnya tentang UGM, yaitu kampus ini jadi kampus pertama yang dibangun setelah Indonesia merdeka. Pembelajaran kampus ini dulu juga sempat dilakukan di halaman Keraton Yogyakarta. 

 

Yang awalnya cuma ada 6 fakultas saja, hingga sampai saat ini UGM sudah punya 18 fakultas yang bisa kamu pilih buat ngelanjutin kuliah. Di tahun 2021 saja ada lebih dari 61 ribu orang yang mendaftarkan diri ke UGM lewat jalur SBMPTN. Udah siap tempur ngelawan calon mahasiswa lainnya?

 

 

3. Universitas Brawijaya (UB)

Di peringkat 3 sebagai universitas terbaik di Indonesia ada Universitas Brawijaya, yang terletak di Malang, Jawa Timur. 

 

Sebelum berubah nama menjadi Universitas Brawijaya, UB awalnya didirikan dengan nama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM), and then berubah menjadi Universitas Brawijaya pada tahun 1963. Udah cukup lama, ya? 

 

Banyak orang-orang yang memberi julukan UB sebagai Universitas Berwisata karena lokasi kampusnya yang deket banget sama pusat wisata di kota malang. 

 

UB juga terkenal sebagai kampus pencetak piala PIMNAS, lho. UB sempet 3 tahun berturut-turut membabat habis piala PIMNAS tahun 2015, 2016, dan 2017.

 

 

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus yang terkenal dengan jurusannya yang berhubungan dengan pertanian, perikanan, kehutanan, pokoknya yang berbau alam deh, ternyata jadi satu-satunya kampus Institut Pertanian Negeri di Indonesia. 

 

IPB dulunya merupakan kampus pelopor program Sarjana empat tahun, yang sampai sekarang dipakai hampir seluruh kampus di Indonesia. 

 

Buat yang tertarik kuliah di IPB, kalian bisa hemat biaya kos selama satu tahun karena mahasiswa baru IPB wajib tinggal di asrama selama satu tahun pertama perkuliahan. 

 

Moreover, IPB sering dijuluki sebagai Kampus Rakyat lho, karena jurusannya banyak yang berhubungan dengan pertanian, dan dianggap merakyat banget.

 

 

5. Universitas Airlangga (Unair)

Kampus yang berlokasi di Surabaya ini, saat ini, memiliki 13 fakultas, 1 program pascasarjana, dan 127 program studi. Di tahun ini saja sudah ada 31.088 orang yang pengen kuliah di Unair lewat jalur SBMPTN. 

 

Lima jurusan yang biasanya jadi primadona dan banyak peminatnya di kampus ini, yaitu jurusan kedokteran, farmasi, kesehatan masyarakat, keperawatan, dan jurusan dokter gigi.

 

Nama Airlangga dalam Universitas Airlangga diambil dari nama raja yang memerintah Jawa Timur pada tahun 1019 sampai 1042 yaitu Rakar Galu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramattungadewa atau dikenal dengan nama Prabu Airlangga. 

 

Nama Airlangga ini dipilih sebagai salah satu cara untuk menghormati Prabu Airlangga dari Kerajaan Kahuripan yang mempersatukan Nusantara melalui perdamaian. Are you interested in studying at Unair?

 

 

6. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS merupakan kampus yang berdiri dari gabungan Sekolah Tinggi yang ada se-Surakarta. Sebelum berubah nama menjadi UNS, kampus ini sempat juga bernama Universitas Gabungan Surakarta, lho. 

 

UNS juga terkenal dengan biaya kuliahnya yang terjangkau. Cukup murah dibandingkan kampus-kampus lain yang ada di Jawa Tengah, kecuali jurusan kedokteran, ya guys. Karena dimana-mana jurusan kedokteran pasti mahal. 

 

Selain biaya kuliahnya yang murah, biaya hidup di Surakarta pun juga terkenal murah. UNS bisa kamu jadikan sebagai opsi, jika kamu terkendala biaya pendidikan, tapi ingin belajar di kampus yang berkualitas. 

 

 

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan salah satu kampus bergengsi kedua yang lokasinya ada Jawa Timur, setelah Universitas Brawijaya. 

 

ITS awalnya berdiri atas usulan dari dr. Angka Nitisastro untuk mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT). And then, berganti nama menjadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember di tahun 1960. 

 

ITS saat ini mempunyai lima jalur masuk pendaftaran, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur kelas internasional atau international undergraduate program (IUP), jalur seleksi prestasi, dan jalur seleksi kemitraan dan mandiri. 

 

 

Nah, itu dia 7 kampus berkualitas terbaik di seluruh Indonesia menurut ranking dari Webometrics di tahun 2022. Sekarang udah tahu kan apa aja kampus paling baik reputasinya se-Indonesia? Semoga artikel ini ngebantu kamu menentukan kampus yang bakal kamu pilih buat ngelanjutin kuliah ya!

 

Apa kalian tahu kalau kemampuan bahasa Inggris juga penting dimiliki sebelum kamu masuk perguruan tinggi? Sebagian besar kampus akan menguji kemampuan bahasa Inggris kamu lewat tes TOEFL lho. 

 

Skor tes TOEFL di universitas sering digunakan sebagai persyaratan kelulusan dan persyaratan saat mendaftar beasiswa. Yuk, persiapkan diri kamu dengan mengikuti program learning package Grammar for TOEFL Hack di Englishvit. 

 

Di program Grammar for TOEFL Hack, kamu akan mendapatkan paket belajar TOEFL structure dan written expression yang berisi kumpulan 60 jurus rahasia mengerjakan soal-soal grammar TOEFL. Beberapa materi yang akan dibahas dalam learning package ini, yaitu tentang:

 

  • Subject dan verb agreement
  • Noun, pronoun, phrase, clause (dependent & independent clause, noun clause, adjective clause & appositive)
  • Sentence (compound & complex sentence)
  • Part of speech
  • Irregular verbs
  • Singular dan plural
  • Parallel structure
     

Gimana? Tertarik untuk mendapatkan skor TOEFL yang bagus? Langsung aja klik DI SINI untuk check out paket belajar Grammar for TOEFL Hack!