Dapet beasiswa luar negeri bonus program bimbingan bahasa? Waw! Itu sih rejeki nomplok namanya. Kapan lagi kan keterima beasiswa sekaligus dapet bimbingan bahasa secara gratis. Buat yang kepo sama beasiswanya simak tulisan di bawah ya. 

“Pengen dapet beasiswa di Jepang tapi nggak bisa bahasa Jepang kira-kira mungkin keterima nggak ya?” 

Buat yang masih punya pikiran kayak gitu, kamu harus tau kalau ada beberapa beasiswa yang tetap bisa kamu daftar sekalipun kamu nggak bisa bahasa negara tujuanmu itu. Karena justru di beasiswa itu kamu akan mendapatkan kelas belajar bahasa negara tersebut dengan gratis. 

Serius! Ada beberapa beasiswa luar negeri punya beberapa benefit yang menguntungkan para penerima beasiswa, salah satu yang bisa didapatkan adalah bimbingan bahasa. Bimbingan bahasa yang dimaksud di sini adalah belajar bahasa resmi dari negara penyelenggara beasiswa. Waktu yang diberikan pun berbeda-beda, bisa hanya beberapa bulan sampai 1 tahun. 

Berikut ini adalah program beasiswa yang menyediakan program bimbingan bahasa : 

  • GKS (Global Korean Scholarship) 

Beasiswa yang sebelumnya lebih dikenal dengan KGSP ini adalah beasiswa yang berasal dari pemerintah Korea untuk para pelajar dari berbagai negara supaya bisa kuliah di Korea GRATIS.

Di beasiswa ini, para awardee akan diberikan Program pelatihan bahasa Korea secara intensif. Pelatihan akan berlangsung selama 1 tahun sebelum kegiatan perkuliahan dimulai. Pelatihan bahasa ini gratis alias udah termasuk dari benefit yang kamu terima sebagai penerima beasiswa dari jenjang S1-S3. 

Artikel Beasiswa S1 Fully Funded di Korea Selatan : KGSP dan Beasiswa KGSP untuk Program S2 dan S3 bisa kamu baca untuk info lebih lengkap tentang beasiswa GKS.

  • MEXT 

MEXT adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi ke negara Jepang. Pelatihan bahasa yang diberikan kepada para penerima beasiswa adalah bahasa Jepang. 

Pelatihan bahasa yang diberikan oleh MEXT ini memiliki jangka waktu yang berbeda tergantung dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh. Untuk S1 pelatihan bahasa dilakukan selama 1 tahun sebelum perkuliahan dimulai, sedangkan untuk S2 dan S3 tidak lebih dari 1 tahun dan tergantung dengan pembimbing. 

Info tentang beasiswa MEXT bisa kamu baca lebih lanjut di artikel Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) Kuliah S1 ke Jepang di sini

  • Turkiye Burslari

Di Turki bahasa pengantar yang dipakai untuk kegiatan akademik adalah bahasa Turki. Walaupun tidak semua, sebagian besar bahasa yang akan dipakai untuk belajar para mahasiswa internasional penerima beasiswa pun akan menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, pihak beasiswa yang tidak lain adalah Lembaga Hubungan Luar Negeri memberikan pelatihan bahasa Turki kepada setiap penerima beasiswa selama 1 tahun. Tempat pelatihan akan disesuaikan dengan lokasi kampus dari setiap penerima beasiswa.

Kalau kamu tertarik tentang beasiswa ini coba cek artikel Beasiswa Kuliah Gratis di Turki bisa kamu baca di sini.

  • Romanian Government Scholarship

Beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Rumania ini juga memberikan pelatihan bahasa bagi para awardee. Dalam rangka mempromosikan bahasa dan budaya pemerintah dalam negeri meminta agar para penerima belajar menggunakan bahasa Rumania sehingga pemerintah pun menawarkan pelatihan bahasa Rumania 1 tahun bagi yang belum dapat berbahasa Rumania. Untuk informasi lengkap tentang beasiswa ini kamu bisa langsung ke website resminya, di sini

Cukup banyak juga ya beasiswa luar negeri yang nyediain program pelatihan bahasa. Harus banget nih coba untuk apply beasiswa-beasiswa yang ada di atas. Barangkali rejeki kan mantep banget, dapet beasiswa habis itu belajar official language dari negara kamu belajar. 

Lagi nyiapin persyaratan beasiswa dan bingung sama apa itu personal statement? Kamu bisa coba cek artikel di sini untuk Menulis Personal Statement Beasiswa.