Siapa sih yang nggak pengen dapet beasiswa kuliah di Inggris? Kalau aku sih pengen banget. Kalau kamu merasa punya keinginan yang sama kayak aku, kamu harus simak daftar beasiswanya di bawah ini!

Dari dulu aku selalu pengen dapet beasiswa kuliah di Inggris. Beasiswa Chevening lebih tepatnya. Tapi, kata orang tuaku kalau pengen dapet beasiswa itu jangan cuman daftar ke satu beasiswa. “Coba ke berbagai beasiswa!” katanya. 

Dari kata itulah akhirnya aku coba cari beasiswa lain. Setelah kesana-kemari buat cari beasiswa dapet lah aku beberapa pilihan. Kalau kamu juga lagi cari beasiswa kuliah di Inggris, nih aku kasih daftar beasiswanya:

Beasiswa internasional ini didanai oleh Pemerintah Inggris yang ditujukan untuk lulusan S1 dan ingin melanjutkan studi S2 ke Inggris. Chevening biasanya buka pada bulan September sampai November. Lagi buka nih, yuk coba daftar! 

Beasiswa yang sudah ada sejak tahun 1982 ini dibentuk oleh perusahaan perdagangan China, Jardine Matheson Group. Berbeda dengan Chevening yang diperuntukkan untuk S2, Jardine adalah beasiswa khusus untuk S1. Perkirakan tanggal pendaftarannya adalah antara pada bulan Agustus sampai Oktober. Untuk kamu yang mau S1, boleh banget nih cobain beasiswa satu ini.

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini didanai oleh Bill Gates atau lebih tepatnya sih dari Bill & Melinda Gates Foundation. Beasiswa ini dibuka pada bulan September sampai Oktober saja setiap tahunnya untuk S2 dan S3. Yakin gak mau coba?

Beasiswa S1 ini adalah bentuk dari fasilitas yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada pelajar berprestasi dalam bidang sains, riset dan teknologi; Bidang seni, budaya dan literasi, Bidang vokasi dan kewirausahaan; serta Bidang olahraga dan kebugaran jasmani. Waw! Kamu yang punya prestasi dibidang-bidang itu harus coba daftar sih! Sayang banget kalau dilewati gitu aja. 

Berbeda dengan Beasiswa Prestasi, beasiswa satu ini khusus ditujukan untuk dosen guys. Lebih spesifiknya, beasiswa ini terbagi menjadi 5 jenis seperti Beasiswa Dalam Negeri, Beasiswa Luar Negeri, Dual Degree, Bridging program, Riset Keilmuan. Ayo Bapak/Ibu dosen yang berkenan, saya persilahkan. 

Siapa sih yang gatau beasiswa satu ini. LPDP merupakan salah satu beasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia dengan berbagai program beasiswa yang tersedia. Pada tahun 2020 LPDP sempat ditiadakan sementara dikarenakan pandemi, tapi sekarang sudah dibuka kembali. Buruan daftar guys!

Beasiswa Internasional ini diberikan oleh Universitas Birmingham untuk kamu yang ingin melanjutkan studi S2. Walaupun tidak bersifat fully-funded, beasiswa satu in worth to try banget loh!

Dibuka pada akhir tahun hingga awal tahun (Desember-Januari) OCIS adalah beasiswa yang diberikan kepada siapapun yang ingin belajar Islam di Inggris dengan jenjang S2 dan S3. Anti Mainstream banget sih ini, belajar Islam tapi ke Inggris bukan ke Mesir. Wajib dicoba!

Banyak banget kan beasiswanya! Sekarang kamu bisa mulai cari tau kira-kira beasiswa mana aja nih yang mendukung kamu buat kuliah di Inggris. Pastikan kalau kamu juga baca setiap ketentuan dari beasiswanya ya! 

Untuk selanjutnya, kalian mau info beasiswa dari negara mana nih? Tulis di kolom komentar ya!