Kuliah ke luar negeri? Apakah hanya sekadar mimpi?

Bagi kamu yang ingin ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikan, coba kamu persiapkan dulu beberapa hal ini. 

Merasakan lembutnya salju di musim dingin, menambah relasi, dan mendapatkan banyak pengalaman baru adalah beberapa hal yang dimimpikan scholarship hunter. Namun, persiapan yang merepotkan dan persaingan yang ketat membuat sebagian  pemburu beasiswa mengurungkan niatnya.

Untuk scholarship hunter yang masih semangat mewujudkan mimpi besarnya, persiapkan diri matang-matang sebelum tancap gas ya. Berikut adalah 6 hal yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat menuntut ilmu di negeri orang:

1. Alasan yang Jelas

Coba pikirkan dengan matang apa tujuan utamamu kuliah ke luar negeri. Gamau kalah saing sama tetangga sebelah?  Pengen dipuji saudara saat kumpul lebaran? Pengen jalan-jalan aja? ataupun alasan konyol lainnya. Alasan yang salah akan membuat semuanya menjadi serba salah. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari ya teman....

Alasan yang matang akan membuatmu tetap fokus dan konsisten dalam membangun karirmu di masa depan. Ingatlah selalu tujuanmu jika sudah berada di negara tujuan nanti.

2. Kemampuan Adaptasi

Pahami terlebih dahulu kemampuanmu beradaptasi secara fisik dan mental di lingkungan baru. Apakah kamu bisa bertahan hidup di negara orang dengan kultur dan budaya yang berbeda jauh dari tempatmu tinggal sekarang ini? Apakah kamu cukup kuat bertahan di segala kondisi? Bagaimana dengan daya tahan tubuhmu? Terlebih apabila negara tujuanmu sering mengalami perubahan musim yang cukup ekstrim seperti Rusia, Australia, dan beberapa negara di Eropa. Tak jarang iklim dan kondisi yang berbeda membuat beberapa awardee menjadi sick dan merasa homesick. Sudah jauh-jauh kuliah, kangen rumah. Kamu gamau mengalami hal seperti ini tentunya kan :)

3. Kampus Tujuan

Tujuan dan kemampuan adaptasimu sudah oke? Saatnya memikirkan kampus yang akan kamu jadikan tujuan kuliah. Carilah informasi mengenai kualitas kampus, jurusan, dan negara yang kamu tuju. Selain mempertimbangkan kredibilitas universitas, kamu juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan di sekitar kampus. Hal-hal seperti makanan halal dan ramah tidaknya masyarakat sekitar pun wajib dipertimbangkan agar kamu tidak kesulitan untuk survive.

 

4. Rencana Pembiayaan

Ngomongin soal biaya memang agak berat ya bagi sebagian orang, haha. Apalagi uang kuliah untuk mahasiswa internasional bisa mencapai ratusan juta rupiah pertahun. Itu pun belum ditambah biaya hidup selama di sana. Banyak pelajar yang mengurungkan niatnya untuk mewujudkan mimpinya yang satu ini karena alasan pembiayaan.

Tapi jangan khawatir, masalah finansial ini bisa disiasati dengan mencari fully funded scholarship, partial scholarship, program student loan, sponsor, atau mungkin kamu bisa bekerja dan menabung dulu. Banyak jalan menuju Roma!

 5. Berkas Persyaratan

Pastikan persyaratan yang diminta kampus tujuanmu terpenuhi, jangan sampai ada yang kurang. Pastikan kamu melakukan pengecekan di website resmi kampus tujuanmu. Berkas-berkas seperti visa, paspor, essay, motivation letter, dan TOEFL/IELTS itu menjadi syarat wajib yang sebaiknya kamu persiapkan jauh-jauh hari.

 6. Kemampuan Bahasa

Last but not least, selain kemampuan berbahasa inggris,  menguasai bahasa negara tujuan juga dapat membantumu saat hidup di sana.  Setidaknya kamu akan lebih mudah bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Nah setelah membaca semua yang harus kamu siapin, apa saja nih  yang sudah kamu persiapkan?  Tulis di kolom komentar ya...

 

Boleh juga lho cerita tentang persiapan kalian untuk meraih beasiswa.