Englishvit.com
Beasiswa Jepang sudah menjadi salah satu favorit bagi banyak Pemburu Beasiswa. Beasiswa ini dibuka secara rutin setiap tahunnya dan menariknya beasiswa dari pemerintah ini bukan hanya untuk program master degree (S2) tapi juga untuk program Sarjana (S1).

Nah buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di jepang secara gratis, kamu harus simak ulasan Englishvit kali ini ya!!
Kuy kita mulai pembahasannya:)




1. Cakupan beasiswa

Kita mulai dari yang paling manis dulu kali ya, biar kamu semangat menyiapkan beasiswanya:) Hehehehehe!!

Kalau kamu beruntung mendapatkan beasiswa dari pemerintah Jepang ini, kamu akan mendapkan pendanaan meliputi:

100% biaya kuliah.

biaya tunjangan hidup 143.000 Yen per bulan (research students), ¥144.000/bulan (mahasiswa S2), dan ¥145.000/bulan (mahasiswa S3).

Tiket pesawat pp Indonesia-Jepang.

Pembebasan biaya pengurusan visa, serta asrama kampus.

Bagi universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan. (Biayanya bisa dibayar dengan tunjungan hidup yang diberikan)


2. Persyaratan umum

Setelah kita  tahu kalau mendapatkan beasiswa Monbukagakushon ini mantap banget, kita juga harus siap berjuang untuk mendapatkannya ya! Ada beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan sebelu mendaftar beasiswa ini.  Jangan langsung melempem, kamu harus semangat demi masa depan yang cerah.

Berikut beberapa syarat umum yang harus kamu penuhi:

l  Usia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2021 (lahir pada atau setelah 2 April 1986).

l  Lulusan D4/ S1/ S2.

l  Memilih bidang studi yang berada pada rumpun ilmu yang sama dengan bidang studi di  pendidikan sebelumnya.

l  IPK minimal 3.2 bagi pendaftar S2.

l  Melampirkan salah satu sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau bahasa Jepang, dengan skor diutamakan sbb:

- TOEFL-PBT/ITP minimal 570

- TOEFL-iBT minimal 80

- IELTS minimal 6.5

- TOEIC L&R minimal 820

- TOEIC S&W minimal 300

- Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 2/ N2


Eits, Jangan langsung mati kutu gitu dong, ngeliat persyaratan beasiswanya! Kamu masih punya waktu buat menyiapkan kog! Kalau tidak bisa daftar tahun ini, kamu harus berjuang buat mempersiapkan semua persyaratannya supaya bisa mendaftar di tahun depan.

Nah, kalau kamu mau mulai mempersiapkan, kamu bisa memulai dengan mempersiapkan skor TOEFL kamu dulu ya!

 

Sudah punya skor TOEFL belum?

 

Kalau belum punya, kamu bisa ikut test prediction test dulu secara online di Englishvit.com, ini penting untuk kamu supaya tidak buang-buang uang terlalu banyak. Melalui prediction test, kamu bisa melihat kemampuan kamu sebelum mengikuti real test, jadi bisa merancang persiapan yang tepat:) Begitu!

Kalau mau ikut prediction test di Englishvit, kamu bisa daftar sekarang, mumpung ada flash sale-nya! Cuma 99 K kamu bisa test online bersertifikat dan dapat bonus eBook persiapan TEST TOEFL sebanyak 12-eBooks. Ebooks ini aja kalau kamu beli harganya bisa sampai 1.560.000 ribu lho..

Segera daftar di sini ya! KLIK DI SINI.

 

Lanjut ke persyaratan umum lainnya ya, terus simak ya:)

l  Sehat jasmani dan rohani. Pelamar tidak diperbolehkan dalam keadaan hamil selama proses seleksi berlangsung hingga keberangkatan ke Jepang bagi yang lolos seleksi.

l  Bersedia belajar bahasa Jepang bagi yang belum menguasai bahasa Jepang.


3. Dokumen aplikasi pendaftaran


Selain menyiapkan dokumen-dokumen umum yang saya sebutkan di atas, kamu juga harus melengkapi dokumen aplikasi pendaftaran yang sudah dirancang oleh penyelenggara beasiswa ya!
Apa saja sih aplikasi pendaftarannya? Kuy kita bahas.
  • Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online (3 lembar) yang berisi nomor ujian pelamar (pelajari bagian PROSEDUR PENDAFTARAN poin 1-2).
  • Application Form 2021 (Unduh) (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi). Formulir boleh diketik/tulis tangan. Silakan isi dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang.
  • Pasfoto formal. Ukuran 3,5 x 4,5 cm atau 3 x 4 cm (3 lembar). Setengah badan. Latar polos, warna latar bebas. Diambil 6 bulan terakhir. Pasfoto harus ditempel pada kotak untuk menempel foto yang tersedia pada Formulir Pendaftaran (Application Form 2021). Jangan melampirkan foto tanpa menempelkannya di application form.
  • Placement Preference Application Form 2021 (Unduh) (3 lembar). Formulir boleh diketik/tulis tangan. Silakan isi dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang.
  • Field of Study and Research Program Plan 2021 (Unduh) (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi). Formulir diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Apabila kotak isian pada formulir tidak cukup, silakan gunakan lembar terpisah sebagai tambahannya.
  • Fotokopi Transkrip Nilai jenjang pendidikan terakhir yang dilegalisasi (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi). Transkrip nilai harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi/dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar.* *pelajari catatan nomor 5
  • Fotokopi Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang dilegalisasi atau Surat Keterangan Lulus (SKL) (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi). Ijazah atau SKL harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi/dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar.* *pelajari catatan nomor 5
  • Surat rekomendasi dari rektor/dekan/ketua jurusan/dosen universitas jenjang pendidikan terakhir (salah satunya saja). (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi). Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Wajib dilampirkan bagi pelamar yang belum maupun sudah bekerja. Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia (Unduh). *pelajari catatan nomor 6
  • Surat rekomendasi dari atasan atau supervisor bagi yang sedang bekerja (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi). Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Bagi yang tidak/belum bekerja, tidak perlu melampirkan dokumen ini.* Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia (Unduh). *pelajari catatan nomor 6
  • Abstrak penelitian/skripsi/tesis/tugas akhir jenjang pendidikan terakhir (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi). Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
  • Portofolio hasil karya atau rekaman bagi yang memilih bidang seni atau desain (1 rangkap asli, 2 rangkap fotokopi). Bagi yang memilih bidang seni/desain, lampirkan portfolio hasil karya/rekaman Anda. Format bebas. Bagi portofolio yang berbentuk dokumen, harap dikliping/dijilid agar tidak tercecer.
  • Fotokopi sertifikat/hasil nilai TOEFL/IELTS/TOEIC/JLPT (lampirkan minimal satu jenis sertifikat) (3 lembar fotokopi). Silakan lihat bagian persyaratan poin 5. Bagi yang melampirkan JLPT, silakan lampirkan bersama dengan lembar skornya juga.
Tidak terlalu banyak kan persyaratannya. Jika ada  persyaratan-persyaratan yang belum kamu miliki, kamu bisa menyiapkan dari sekarang ya. Tidak ada kata terlambat untuk mempersiapkan beasiswa, tapi jangan pernah menunda ya!!

4. Prosedur pendaftaran beasiswa

Supaya kamu paham dengan prosedur pendaftaran beasiswa ini, Englishvit juga akan mengulas bagaimana prosedur pendaftaran beasiswa monkubagakusho  ini ya! Biar nggak setengah-tengah begitu!
    • Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar. Pelamar melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui website berikut: https://daftar.beasiswamext.com/
    • Setelah melakukan registrasi online, Anda akan menerima e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dan  harap menyimpan/mengingat “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit Anda tidak menerima e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam pada e-mail Anda. Apabila tidak ada pada kotak masuk maupun kotak spam e-mail Anda, silakan lakukan registrasi ulang menggunakan e-mail yang berbeda.
    • Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen dapat dilihat pada keterangan sebelumnya.
    • Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran bebas). Silakan tulis kode “Research Students 2021" beserta nomor ujian Anda pada kanan atas amplop.
    • Berkas dikirim ke:


Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

    • Tidak menerima berkas yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online atau diantar langsung. Pengiriman dokumen dapat menggunakan jasa pengiriman melalui kurir seperti POS, JNE, J&T, Tiki, dll.
    • Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 14 Juli 2020 pukul 23.59 WIB.
    • Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima tidak melewati batas waktu yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
    • Kelalaian peserta dalam membaca dan memahami informasi pendaftaran ini, sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.
Nah kalau kamu sudah selesai mempersiapkan beasiswa ini dan mengirimkan aplikasimu, kamu  selanjutnya harus menunggu dan banyak berdo'a ya..  Ada beberapa tahapan seleksi yang harus kamu lewati dalam perjuangan beasiswa ini, kuy kita lihat tahapannya.

5. Tahap seleksi
Beasiswa Monkubagakusho ini memang tidak sembarangan ya. Kamu akan melewati berbagai tahapan seleksi yang ketat sebelum akhirnya diumumkan sebagai penerima beasiswa. Berikut ini tahapan seleksi yang harus kamu lewati:
I. Tahap Primary Screening

                                              A. Seleksi Dokumen.

Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar pada tanggal 19 Agustus 2020 (paling lambat pukul 23.59 WIB). Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.

                                              B. Ujian Tulis

Pada tahap ini peserta akan menghadapi ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Ujian diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. Seluruh peserta yang dinyatakan lolos pada seleksi dokumen, wajib mengikuti ujian ini.

                                              C. Ujian Wawancara

Bagi yang lulus seleksi ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya transportasi dan akomodasi tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.

II. Tahap Secondary Screening
1. Bagi yang lulus primary screening akan Kedutaan Besar Jepang rekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.

    2. Peserta yang telah lulus sampai tahap ini akan diberikan surat keterangan lulus primary screening dan berkas yang telah dicap oleh Kedutaan Besar Jepang, sebagai persyaratan untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LOA) dari universitas di Jepang.

    3. Peserta yang lulus seleksi akhir (secondary screening) di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada Januari 2021.

Well guys, akhirnya inilah selesai juga pembahasan kita tentang beasiswa Jepang ini ya! Semoga cukup untuk menjadi inspirasi kamu melanjutkan kuliah dengan beasiswa. Tidak melihat pada sulitnya proses yang harus kamu lewati, tapi pada peluang yang bisa kamu optimalkan demi kesuksesan kamu di masa depan.