Secara singkat, ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Penyampaian pesan disini dapat dilakukan melalui berbagai saluran media lho, seperti televisi, radio, media sosial, surat kabar, majalah, dan lain-lain.

Meski mempelajari bagaimana cara penyampaian pesan yang efektif, nyatanya jurusan ini tidak terlihat sesederhana itu lho, guys. Kamu tetap akan dituntut untuk memiliki pemikiran yang kritis dan kreatif selama proses pembelajaran. Selain itu, kamu juga dituntut untuk selalu up to date dengan isu-isu terkini.

Selain menjadi jurusan yang banyak diincar oleh calon mahasiswa, jurusan ilmu komunikasi nyatanya banyak menawarkan prospek kerja yang bagus dan menjanjikan lho yang bisa kamu coba. Berikut ini prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang perlu kamu ketahui:

  • Jurnalis

Jurnalis merupakan seseorang yang bertugas menulis dan melaporkan berita tentang suatu kejadian atau peristiwa. Untuk menjadi seorang jurnalis, dibutuhkan keberanian dan komitmen dalam menyajikan berita yang layak bagi banyak orang. Saat kuliah nanti, kamu akan dibekali mata kuliah yang berkaitan dengan jurnalisme, seperti dasar jurnalisme, reportase investigasi, pers, dan masih banyak lagi. Banyak lho contoh jurnalis terkenal di Indonesia, di antaranya adalah Najwa Shihab, Dandhy Laksono, Farid Gaban, dan lain-lain. Kira-kira apakah kamu tertarik menjadi jurnalis?

  • Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat atau yang sering disebut public relation ini memiliki tugas sebagai penghubung antara masyarakat luas dengan instansi tertentu. Atau dengan kata lain, tugas dari public relation ini adalah membawa perusahaan atau brand tertentu sehingga dapat dikenal secara publik. Pada saat kuliah nanti, kamu akan mendapatkan mata kuliah pengantar kehumasan, manajemen kehumasan, hingga kampanye kehumasan. Contoh-contoh tokoh humas terkenal di Indonesia adalah Abdul Haris Sahilin, Adita Irawati, Ani Natalia Pinem, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Presenter

Presenter menjadi suatu pekerjaan yang menyenangkan karena membawakan acara, event, maupun sebagai pembicara suatu kegiatan. Banyak sekali presenter terkenal, seperti Feni Rose, Andy F. Noya, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk menjadi presenter seperti mereka?

  • MC

MC merupakan seseorang yang bertanggung jawab memandu suatu acara atau kegiatan. Selain menjadi pekerjaan resmi, ternyata pekerjaan ini juga bisa dilakukan untuk sambilan mengisi waktu weekend lho, guys.

  • Travel Blogger

Liburan sambil menikmati berbagai macam tempat wisata menarik di Indonesia maupun seluruh dunia tentu menjadi kenikmatan tersendiri apabila kamu menjadi travel blogger. Di zaman serba digital ini, dengan hanya posting gambar di instagram dan menulis blog yang dikunjungi ribuan orang setiap hari akan menjadi bisnis yang menguntungkan. Apabila kamu tertarik menjadi travel blogger, kamu bisa tuh melirik postingan instagram dan blog milik Trinity The Naked Traveler.

Selain beberapa pekerjaan di atas, sebenarnya masih banyak lho guys prospek kerja lainnya. Kamu bisa menjajal peruntunganmu bekerja di agensi periklanan atau menjadi penyiar radio, fotografer, youtuber, sutradara, copywriter, dan masih banyak lagi.