Ini dia rekomendasi buku nonfiksi yang cocok buat pemula yang mau belajar bahasa Inggris. I bet you already know, kalau belajar bahasa Inggris bisa dari mana aja, termasuk dengan cara membaca buku fiksi atau nonfiksi.

 

Selain ningkatin skill reading, baca buku bisa jadi cara lain buat belajar vocab atau phrase bahasa Inggris, lho. Kunci utama biar bisa enjoy baca buku bahasa Inggris adalah dengan memilih buku yang sesuai dengan selera kamu.

 

Buku nonfiksi bisa jadi pilihan kalau kamu lagi bosen baca buku fiksi, loh. Don’t worry, guys. Semua buku nonfiksi yang direkomendasiin Englishvit di artikel ini mostly gampang dibaca buat pemula, vocab yang dipakai juga familiar dipakai buat sehari-hari. So, jangan takut buat baca salah satu bukunya.

 

Penasaran apa aja buku nonfiksi yang cocok buat pemula? Cek rekomendasinya di bawah ini ya. Check it out!

 

Rekomendasi buku nonfiksi bahasa Inggris yang cocok buat pemula

 

 

1. Show Your Work!

Buku ini ditulis oleh Austin Kleon yang intinya berisi tentang tips and trick buat mulai nunjukkin karya kamu ke orang-orang, sekaligus ngasih tahu gimana caranya. Austin pengen pembacanya untuk mulai aja dulu, masalah karya kamu bakal jelek, bakal dihina orang, itu urusan nanti. 

 

Yang paling penting mulai aja dulu. Now! Tunjukin karyamu ke orang-orang. Seperti judul bukunya, show your work! Buku sering banget direkomendasiin oleh Ali Abdaal, YouTuber productivity dari UK, as one of the books that changed his life. Kira-kira buku ini bisa ngubah hidup kamu juga nggak, ya?

 

 

2. Atomic Habits

Yang pengen ngubah habit scroll Instagram dari mulai bangun tidur sampe jempol pegel, kayaknya perlu deh baca buku Atomic habits karyanya James Clear. Basically, buku ini isinya tentang cara mengubah kebiasaan buruk dan cara membangun kebiasaan baru yang baik.

 

Kayak judul bukunya, Atomic Habits, James ngasih tau kita cara-cara mengubah habit dimulai dari hal-hal kecil, walaupun itu cuma dilakuin selama 5 menit tiap harinya. We can change our lives through small things we do.

 

 

3. Rich Dad Poor Dad

Yang lagi nyari buku tentang financial literacy, ini nih jawabannya! Buku yang ditulis oleh Robert Kiyosaki ini berisi tentang kisah Robert yang tumbuh bersama dua ayah, yaitu ayah kandungnya dan ayah dari sahabatnya yang kaya raya. Growing up with two role models yang punya background financial yang beda, ngebentuk banget cara pikir Robert tentang uang.

 

Meskipun buku ini udah terbit lama, tapi isinya masih relatable dengan kondisi saat ini, apalagi part yang membahas tentang financial literacy. Basically, pemahaman kita tentang uang ternyata punya banyak pengaruh di kehidupan kita, loh.

 

 

4. Crying in H Mart

Crying in H Mart adalah memoir tentang kehidupan penulisnya, Michelle Zauner. Michelle ini merupakan imigran dari Korea Selatan yang tumbuh besar di  Amerika. Dia merasa struggling menjalani hidup setelah ibunya meninggal. 

 

For those of you who don’t already know, H Mart ini nama supermarket asal Korea. Kok ada nama supermarket? Jadi di dalam bukunya, diceritakan nih kalau Micelle ini punya banyak kenangan tentang ibunya di H Mart ini. Banyak yang udah  ngasih review kalau buku juga bikin pembacanya ikutan crying juga, lho. Tertarik baca Crying in H Mart?

 

 

5. Educated

Kita juga ada rekomendasi buku autobiografi, nih judulnya Educated, karya Tara Westover. Buku ini berisi tentang pengalaman Tara yang tumbuh tanpa pernah menginjak bangku sekolah. Kenapa nggak sekolah, ya? So, it was because bapaknya Tara percaya kalau anak-anaknya sekolah, mereka bakal dicuci otaknya buat ikutan aliran iluminati, guys

 

Jadi, mereka anti banget sama sekolah. Nah, Tara ngebuktiin di buku ini kalau sekolah ternyata nggak seburuk yang keluarganya kira, kok. Buku ini udah banyak direkomendasi orang-orang, salah satunya Bill Gates, lho. Yang pengen tahu gimana kelanjutan cerita Tara buat ngubah hidupnya lewat pendidikan, wajib sih buat baca buku ini.

 

 

6. Joy at Work by Marie Kondo

Setelah viral dengan metode decluttering barang yang nggak lagi sparks joy, Marie Kondo ngeluarin buku baru lagi, yang temanya nggak jauh-jauh dari beres-beres. Buku ini, basically, ngasih tahu tentang caranya ngedeclutter hal-hal yang berkaitan dengan urusan pekerjaan. 

 

Marie Kondo pengen setelah pembacanya baca buku ini, mereka jadi bisa memilih dan memilah barang atau kerjaan yang mereka sukai dan mereka butuhkan. Yang lagi kusut sama urusan kantor, bisa coba buat baca buku ini nih, biar tahu caranya ngeorganize kerjaan dan ngurutin skala prioritas di kantor.

 

That’s it all, guys 6 rekomendasi buku nonfiksi bahasa Inggris yang bakal cocok dibaca buat para pemula. Kira-kira kamu tertarik baca buku yang mana, nih?

 

Selain belajar bahasa Inggris dari baca buku, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris di Englishvit lho. Caranya dengan ikutan live class English for Basic. Kelas English for Basic, cocok banget buat kamu para pemula, karena kamu bakal diajarin skill-skill dasar bahasa Inggris dari NOL sampai BISA

 

Skill ini juga bakal bermanfaat banget jadi fondasi kamu buat menguasai bahasa Inggris secara lebih lanjut! Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class English for Basic.