Tidak seperti program vokasi, program studi sastra inggris tidak mempersiapkan lulusannya untuk menempuh satu jalur karir tertentu. Lulusannya harus mengeksplorasi skill masing-masing individu untuk mengetahui potensi yang selama ini dimiliki untuk mendaftar suatu pekerjaan. 

Namun kamu para lulusan sastra inggris tak perlu khawatir dan berkecil hati. Dengan gelar sastra Inggris, kamu memiliki berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan program studi sastra inggris yang bisa kamu pilih sebagai karir dalam pekerjaanmu.

Buat kamu lulusan sastra inggris atau calon mahasiswa sastra inggris, yuk simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui pekerjaan-pekerjaan apa saja yang bisa didapatkan oleh lulusan program studi sastra inggris. 

Prospek kerja lulusan sastra inggris yang wajib kamu ketahui!

1. Translator atau Penerjemah

Sebagai lulusan sastra inggris, kamu pasti memiliki pemahaman lebih tentang kosa kata, tata bahasa, dan struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Hal ini bikin kamu cocok banget berkarir sebagai translator atau penerjemah. 

Translator bertugas untuk  menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, jurnal, film, video, atau teks apapun dari bahasa Indonesia ke bahasa inggris, maupun sebaliknya. Jika beruntung, kamu juga bisa jadi penerjemah pemerintah yang akan bekerja sebagai translator dokumen-dokumen pemerintahan.

2. Guru Bahasa Inggris

Peluang kerja yang satu ini tak perlu dipertanyakan lagi. Lulusan sastra inggris sangat berpeluang besar untuk menjadi guru bahasa Inggris di sekolah, di universitas, maupun secara privat. Semakin meningkatnya penggunaan bahasa inggris dalam kehidupan kita sehari-hari, semakin banyak pula permintaan guru untuk mengajar bahasa Inggris. 

Meskipun sering diberitakan selalu mendapatkan gaji yang lebih kecil, tarif guru privat bahasa Inggris cukup besar, apalagi jika kamu sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun mengajar bahasa Inggri. Tertarik jadi guru bahasa Inggris?

3. Interpreter

Pekerjaan interpreter sebenarnya hampir mirip dengan translator. Interpreter bertugas menerjemahkan bahasa lisan secara langsung, serta tidak tertulis. Pekerjaan interpreter biasanya dibutuhkan di pengadilan, rapat antara dua negara, acara internasional yang dihadiri peserta dari berbagai negara, negosiasi perjanjian bisnis, dan masih banyak lagi. Interpreter membantu komunikasi antara dua pihak yang memiliki perbedaan penguasaan bahasa tertentu agar informasi tersampaikan dengan baik serta tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Content Writer

Semakin banyaknya informasi yang dapat kita akses di internet, semakin banyak pula permintaan akan profesi content writer. Content writer bertugas untuk membuat konten, menganalisa atau melakukan riset mengenai konten yang berpotensi baik untuk sosial media perusahaan agar konten yang dibuat bisa mendatangkan audience. 

Profesi content writer tak hanya bertugas untuk menulis artikel, kamu juga bisa bertugas untuk menulis konten di Instagram, TikTok, dan platform media sosial lainnya. Jika kamu lulusan sastra inggris memiliki skill menulis dan critical thinking yang bagus, kamu akan cocok dengan pekerjaan ini.

5. Jurnalis

Orang awam sering menganggap jika jurnalis hanyalah orang yang sering meliput berita. Padahal meliput berita hanyalah salah satu tugas dari jurnalis lho. Profesi sebagai jurnalis memiliki tugas untuk mengumpulkan dan menulis berita untuk nantinya disebarluaskan melalui media massa cetak atau elektronik. 

Menjadi seorang jurnalis mengharuskan kamu untuk memiliki keterampilan berkomunikasi, berpikir kritis, dan beradaptasi yang baik agar nantinya dapat menghasilkan berita-berita yang akurat dan terpercaya.

6. Penulis Novel

Selama berkuliah lulusan sastra inggris sudah terbiasa membaca, memahami,dan mengenali karya-karya sastra penulis hebat. Setelah terbiasa dengan karya sastra milih orang lain, apa kamu tidak tertarik untuk memiliki karya sastra sendiri? Saat berkuliah sastra inggris kamu juga akan mendapatkan mata kuliah tentang penulisan buku. Jika kamu sudah memiliki potensi sebagai penulis buku, kamu sebaiknya meneruskan karir tersebut.

7. Copywriter

Lulusan sastra inggris juga berpeluang besar menjadi copywriter. Profesi sebagai copywriter biasanya dibutuhkan oleh agensi di bidang pemasaran atau iklan. Seorang copywriter bertugas menulis atau mengolah konten dalam iklan cetak, dialog di iklan TV, brosur, website, buku, spanduk dan lain lain, yang bertujuan untuk mengajak calon konsumen untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang diiklankan. Pekerjaan ini akan cocok untuk kamu para lulusan sastra inggris yang suka  menulis, kreatif, berwawasan luas dan mempunyai ide-ide yang out of the box.

8. Leksikografer

Profesi leksikografer mungkin tidak terlalu banyak diketahui oleh orang-orang. Apa itu profesi leksikografi? Leksikografer secara singkat adalah orang yang membuat kamus. Tugas leksikografer dimulai dari menulis, menyusun, dan kemudian mengedit kamus. Meskipun lowongan pekerjaan untuk profesi leksikografer tidaklah banyak, tapi profesi ini akan sangat cocok untuk kamu yang tahu seluk beluk bahasa secara mendalam. Jika kamu tertarik dengan bidang kepenulisan sekaligus penelitian, profesi ini wajib banget buat kamu tekuni sebagai karir.

9. Pramugari 

Lulusan sastra inggris juga bisa mendaftar sebagai pramugari lho. Profesi sebagai pramugari biasanya membutuhkan orang-orang yang menguasai bahasa Inggris secara lancar. Pekerjaan ini tidak hanya berpeluang untuk lulusan perempuan ya, lulusan laki-laki pun memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pramugara. 

Selain menjadi pramugari atau pramugara pesawat terbang, kamu juga bisa menjadi pramugari dan pramugara untuk kereta api lho! Buat kamu yang suka traveling pekerjaan ini cocok banget nih buat kamu! Sambil kerja, kamu juga bisa sambil jalan-jalan lho.

10. Customer Service

Pekerjaan sebagai customer service dituntut untuk bisa menjelaskan produk sebuah perusahaan kepada pelanggan dengan cara yang mudah untuk dipahami. Kamu harus bisa berkomunikasi secara efektif namun tetap informatif kepada pelanggan. Sebagai lulusan sastra inggris kamu pasti familiar dengan kemampuan ini. 

Kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki juga akan sangat membantu kamu apabila nantinya kamu bekerja sebagai customer service yang tidak hanya menjual produk ke konsumen di Indonesia, namun juga di luar Indonesia.

Nah itu tadi beberapa pekerjaan yang bisa kamu dapatkan nantinya saat sudah menjadi lulusan sastra inggri. Tertarik jadi mahasiswa sastra inggris?

Untuk mempersiapkan diri jadi maba sastra inggris, yuk ikutan live class English for Basic di Englishvit. Kelas English for Basic didesain khusus untuk kamu para pemula lho. Di kelas ini, kamu akan mempelajari skill dan materi dasar bahasa Inggris dari NOL hingga BISA yang akan jadi landasan buat untuk menguasai bahasa Inggris nantinya. Selain guru yang profesional, kamu juga bisa bertemu teman-teman dari berbagai daerah dan background untuk saling praktek bahasa Inggris bersama. Seru kan? Klik DI SINI untuk mendaftar kelas English for Basic.