englishvit.com - Kamu ingin kuliah ke luar negeri tapi masih bingung mau kemana? Berikut englishvit rekomendasikan negara favorit kuliah luar negeri para pelajar Indonesia.

Memilih negara tujuan untuk study abroad memang tidak boleh sembarangan. Pasalnya kamu akan tinggal di negara orang dalam jangka waktu yang cukup lama dan jauh dari orangtua.

Kamu harus mempertimbangkan segala sesuatunya, seperti budaya, kondisi lingkungan, karakter masyarakat, serta sistem pendidikannya agar kamu tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari karena tidak sesuai ekspektasimu yang setinggi langit itu :) 

Nah, bagi kamu yang sedang mencari referensi negara tujuan untuk study abroad, berikut kami sediakan 7 pilihan negara ini untukmu yang menjadi favorit pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri.

1. Australia

Negara ini cocok buat kamu yang ingin merasakan kuliah dengan kualitas pendidikan kelas dunia dan kultur yang berbeda tapi tidak ingin jauh-jauh dari Indonesia. Sejauh ini Australia menjadi negara terfavorit pelajar Indonesia untuk study abroad.

Sebanyak 17 ribu lebih total pelajar Indonesia yang kuliah di Australia sekarang ini. 

Australia memiliki banyak universitas terbaik seperti Australia National University (ANU), University of Melbourne, University of Queensland, Monash University, dan University of Sydney.

Disamping sederet kampus berkualitas yang dimilikinya, Australia juga menawarkan beasiswa yang banyak digandrungi para scholarship hunter yaitu AAS (Australia Awards Scholarship). Kalau kamu berhasil mendapatkan beasiswa AAS, kamu bisa kuliah gratis di negara ini dan mendapatkan tunjangan hidup juga!

2. Amerika Serikat

Amerika serikat terkenal sebagai negara maju di berbagai bidang termasuk pendidikan.

Kualitas pendidikan di Amerika Serikat tidak perlu diragukan lagi, buktinya terdapat deretan universitas TOP dunia yang berasal dari negara ini. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, Harvard University, Yale University, Columbia University, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya, Amerika menjadi salah satu negara tujuan favorit tidak hanya bagi pelajar dari Indonesia tapi juga dunia.

Ada harga ada rupa. Kualitas pendidikan dan prospek lulusan yang terjamin membuat biaya kuliah di Amerika Serikat sangatlah tinggi, apalagi bagi mahasiswa internasional. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa-beasiswa yang ditawarkan untuk kuliah di negara ini.

Terdapat beasiswa bergengsi bernama Fullbright yang dibuka setiap tahunnya. Beasiswa ini akan meng-cover biaya kuliah dan biaya hidupmu selama studi di Amerika.

3. Inggris 

Inggris dengan iklim kerajaan yang sangat terasa dan cuaca yang nyaman menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemburu kuliah luar negeri. Negara dengan sistem kerajaan ini tercatat sebagai negara yang begitu ahli di bidang riset dan telah banyak menghasilkan penelitian. 

Inggris pun mempunyai kampus-kampus terbaik seperti University of Cambridge, University of Oxford, UCL, Imperial College London, dan masih banyak lagi.

Biaya hidup di Inggris, khususnya London tergolong sangat tinggi. Oleh karena itu sebaiknya kamu mencari sponsor atau beasiswa untuk meringankan bebanmu agar bisa fokus pada studimu. 

Jangan khawatir, Inggris menawarkan banyak beasiswa yang bisa kamu pilih, salah satunya ialah beasiswa Chevening yang dibuka setiap tahun. Kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Chevening, kamu bisa baca artikel kami dengan KLIK DI SINI

4. Jepang

Negeri sakura ini terkenal dengan tingkat kedisiplinan dan budaya belajar yang sangat tinggi. Lingkungan belajar yang terbentuk dalam masyarakat Jepang dapat memudahkanmu untuk belajar dan berkembang.

Selain itu, Jepang juga terkenal dengan kemajuan teknologinya. Kita semua tau Jepang telah banyak menyumbangkan penemuan-penemuan di bidang sains dan teknologi dengan berbagai inovasinya. 

Jepang juga memiliki universitas-universitas berkualitas yang tidak kalah saing dengan negara lain seperti Kyoto University, University of Tokyo, dan Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech).

Kamu tidak perlu khawatir dengan biaya hidup Jepang yang sangat tinggi, pemerintah Jepang telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk menyediakan beasiswa bagi pelajar Indonesia dengan Monbukagakusho yang mencakup biaya kuliah dan tunjangan hidup bulanan.

5. Singapura

Walaupun bukan negara yang besar, namun Singapura termasuk dalam salah satu negara dengan perekonomian terbaik di dunia. Kualitas pendidikan di Singapura pun tak perlu diragukan lagi, buktinya banyak pelajar dari seluruh penjuru dunia datang untuk menuntut ilmu ke negara ini. 

Singapura juga memiliki universitas yang masuk dalam jajaran kampus TOP dunia yaitu National University of Singapore dan Nanyang Technological University.

Perihal beasiswa, Singapura menawarkan program SINGA dan ASEAN Scholarship for Indonesia by Ministry of Education, Singapore yang bisa kamu coba.

6. Malaysia

Negara jiran ini selain dekat dari Indonesia juga memiliki kultur dan lingkungan yang hampir sama. Hal ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk kuliah ke luar negeri dalam jalur aman karena tidak perlu pusing memikirkan kendala culture shock yang terlalu berat. 

Banyak pelajar Indonesia yang mengikuti pertukaran pelajar dan melanjutkan kuliah di negara ini. Saat ini, ada sekitar 11 ribu mahasiswa Indonesia yang belajar di sana.

Terdapat banyak kampus bermutu yang Malaysia miliki, tapi kamu tidak perlu bingung, Universiti Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), dan Universiti Sains Malaysia (USM) bisa kamu jadikan pilihan. 

7. Jerman

Jerman adalah salah satu negara Eropa yang memiliki banyak peminat untuk tujuan kuliah lho...

Biaya pendidikan di Jerman bisa dibilang lebih murah dari negara lainnya, bahkan ada beberapa institusi yang membebaskan biaya kuliah. Namun jangan khawatir, kualitas pendidikan yang dimiliki negara ini sangatlah baik.

Jerman merupakan negara yang tepat bagi kamu apabila ingin mempelajari sains dan teknologi karena negara ini sudah diakui kemajuan teknologinya oleh internasional.

Ludwig-Maximilians-Universität München, Technical University of Munich, dan Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg bisa kamu jadikan opsi jika kamu ingin kuliah di Jerman.

Selain biaya pendidikan yang murah, Jerman juga menawarkan beasiswa lho...

Kamu bisa coba daftar beasiswa DAAD. Dengan beasiswa ini, kamu tidak perlu memikirkan uang kuliah dan biaya hidupmu selama kuliah di Jerman karena DAAD lah yang akan menanggungnya. 

Itulah 7 negara yang sering dijadikan tujuan pelajar Indonesia untuk kuliah ke luar negeri. Kamu bisa jadikan list di atas sebagai bahan pertimbangan untuk rencana study abroad-mu. 

Setelah membaca artikel di atas, kira-kira kamu sudah punya gambaran apa belum nih negara mana yang akan kamu semogakan di sepertiga malam? Hehe

Menurut kalian perlu ga sih kita jelasin setiap negara lebih detail pada artikel berikutnya? Tulis di kolom komentar ya...  

Bagi kamu yang ingin konsultasi mengenai persiapan kuliah dan beasiswa, kamu bisa menghubungi kami GRATIS dengan klik LINK INI