7 rekomendasi buku bahasa Inggris bertema Islam dan Muslim ini cocok dibaca untuk pemula lho. Point ini udah cukup sering Englishvit bicarain, kalau belajar bahasa Inggris bisa kamu lakuin dari sumber apapun, lho. 

 

Salah satunya adalah dengan cara baca buku bahasa Inggris. Membaca buku nggak cuma mengasah skill reading kamu. Baca buku bahasa Inggris secara nggak sadar bakal menambah penguasaan kosakata bahasa Inggris. 

 

Karena masih dalam suasana bulan ramadhan dan hari raya Idulfitri, Englishvit kali ini akan memberikan kamu rekomendasi buku untuk belajar bahasa Inggris, tapi yang bertemakan tentang cerita-cerita Islam dan Muslim, nih. Yuk, buat yang lagi nyari bahasan bacaan tentang Islam dan muslim berbahasa Inggris, langsung aja cek rekomendasinya di bawah ini.

 

Rekomendasi Buku Bahasa Inggris Tentang Islam dan Muslim

 

 

1. Once Upon an Eid: Stories of Hope and Joy by 15 Muslim Voices

Once Upon an Eid: Stories of Hope and Joy by 15 Muslim Voices adalah buku fiksi yang berisi kumpulan cerita pendek tentang hari raya Idulfitri. Seperti judulnya, akan ada 15 cerita pendek yang berbeda-beda di dalamnya. 

 

Setiap cerita ditulis oleh penulis Muslim dari seluruh dunia, yang menceritakan tentang berbagai cara untuk merayakan hari raya idul fitri. Walaupun penulis semuanya beragama Islam, tapi masing-masing karakter dalam buku punya tradisi yang berbeda-beda untuk merayakan Idulfitri. Untuk menyambut hari raya Idulfitri, tertarik baca Once Upon an Eid?

 

2. Girls of Riyadh

Rekomendasi buku kedua masih dalam tema buku fiksi, nih. Kali ini rekomendasinya berasal dari novelis Rajaa Alsanea. Novel ini bercerita tentang sekelompok empat teman universitas, Gamrah, Sadeem, Michelle, and Lamees, yang bersama-sama mencari apa itu kebahagiaan.

 

Buku ini sempat menjadi kontroversi di negara Arab sendiri karena penulis memilih untuk membuka ‘rahasia’ wanita Saudi tentang kehidupan pribadi dan konflik mereka yang cukup bertolak belakang dengan tradisi budaya negara mereka. Buku ini bisa jadi referensi kamu untuk melihat seperti apa kehidupan wanita di Arab Saudi.

 

 

3. Muslims of The World

Orang muslim yang tinggal di negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam pula, pasti nggak bakal nemuin masalah-masalah yang dihadapi penulis buku Muslims of The World ini. Buku ini berisi tentang beragam kisah Muslim yang tinggal di AS dan di seluruh dunia.

 

Setiap bab dalam buku akan menceritakan aspek-aspek yang berbeda dari agama Islam dari berbagai budaya yang berbeda. Kalau kamu pengen melihat kehidupan orang Islam lainnya yang bukan tinggal di Indonesia, dan ingin melihat struggle yang mereka alami, atau budaya-budaya tradisi yang mereka jalankan. Kamu wajib banget baca buku ini!

 

4. Who Speaks For Islam? What A Billion Muslims Really Think 

Buku nonfiksi yang ditulis oleh John L. Esposito And Dalia Mogahed ini berisi hasil survei terhadap umat Islam di seluruh dunia tentang stereotypes-stereotypes yang diberikan kepada 1.3 miliar orang muslim diserluruh dunia.

 

Buku ini sekaligus bisa memberikan kamu gambaran tentang bagaimana kebijakan luar negeri di negara barat, dan representasi media yang salah tentang Islam menginfluence banyak orang tentang stereotypes buruk tentang penganut agama Islam. 

 

 

5. Amazing Muslims Who Changed the World

Lagi nyari buku anak tentang cerita sukses orang-orang Muslim di dunia? Buku Amazing Muslims Who Changed the World jawabannya! Buku ini berisi tentang cerita sukses tokoh-tokoh dunia yang beragama Islam. Buku ini juga menjawab keresahan banyak orang yang seringkali melupakan tokoh-tokoh Muslim ini, karena jarang disebutkan dalam buku-buku sejarah dunia. 

 

Ada begitu banyak tokoh Muslim yang luar biasa yang temuan atau jasanya telah mengubah dunia. Buat kamu yang pengen mengenalkan tokoh-tokoh Muslim ke anak-anak buku ini bakalan cocok banget lho. 

 

6. My Grandma and Me

My Grandma and Me adalah buku karya penulis Mina Javaherbin. Secara singkat buku ini berisi cerita sang penulis tentang kisahnya tumbuh di Iran bersama neneknya. Selama tinggal dengan neneknya, Mina selalu mengikuti kemanapun neneknya pergi dan selalu mengikuti apapun yang neneknya lakukan.

 

Di buku ini, kamu bisa dapat informasi tentang tradisi-tradisi dalam agama Islam yang dilakukan di Iran dan budaya antar tetangga di Iran. Ada ilustrasi menarik juga disepanjang buku yang bikin kamu nggak cepet bosen saat membacanya. Buku ini juga masih cocok buat dibaca anak-anak untuk mengenalkan budaya dalam Islam. 

 

 

7. Lailah's Lunchbox: A Ramadan Story

Rekomendasi buku selanjutnya merupakan buku anak ya! Buku karya Reem Faruqi ini bercerita pengalaman seorang gadis Muslim yang pindah ke Amerika dari Abu Dhabi. Tahun ini akan menjadi pertama kalinya Lailah dalam merayakan Ramadhan dengan ikut berpuasa. 

 

Lailah khawatir guru dan teman sekelasnya tidak akan mengerti. Sebagai seorang minoritas, Lailah bingung bagaimana caranya menjelaskan kepada teman non-Muslimnya tentang konsep puasa terutama ke gurunya. Penasaran gimana cara Lailah menjelaskan konsep puasa ke teman dan gurunya? Langsung aja baca cerita lengkapnya untuk tahu kelanjutannya. 

 

Nah, itu dia rekomendasi buku bahasa Inggris yang bertemakan tentang Islam dan muslim. Dari keenam buku di atas, kira-kira kamu tertarik baca buku yang mana, nih?

 

Selain belajar bahasa Inggris dari baca buku, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris di Englishvit lho. Caranya dengan ikutan live class English for Basic. Kelas English for Basic, cocok banget buat kamu para pemula, karena kamu bakal diajarin skill-skill dasar bahasa Inggris dari NOL sampai BISA

 

Skill ini juga bakal bermanfaat banget jadi fondasi kamu buat menguasai bahasa Inggris secara lebih lanjut! Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class English for Basic.

 

Kalau kamu tertarik join, tapi masih pengen tanya-tanya lagi seputar program live class English for Basic, kamu bisa langsung menghubungi admin DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS! Sampai ketemu di kelas!