Halo, para scholarship hunters! Kalian pasti sudah ga asing lagi kan dengan beasiswa satu ini, yaitu beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP jadi salah satu program beasiswa fully funded yang paling banyak diincar orang-orang yang ingin melanjutkan S2 atau S3 di dalam atau luar negeri.

 

Kamu pasti salah satunya kan? Tiap tahunnya ada ribuan calon mahasiswa yang menerima beasiswa ini lho. Sebelum ikutan jadi penerima beasiswa, yuk kita kenalan lagi lebih dalam tentang beasiswa LPDP.

 

Apa itu beasiswa LPDP?

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa ini berada di bawah naungan Kementerian Keuangan yang mengelola dana pendidikan sesuai amanat PMK Nomor 252 Tahun 2010. 

 

Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang berkomitmen memberikan bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi unggulan, baik di dalam maupun di luar negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.

 

Inisiator LPDP

Berdirinya LPDP ini ternyata tidak terlepas dari ide besar Sri Mulyani untuk membangun sumber daya manusia Indonesia lebih baik lagi dengan memberikan pendidikan yang terbaik. Cikal bakal lembaga ini dimulai dari sebuah pertemuan yang dihadiri oleh Sri Mulyani dengan menteri-menteri keuangan ASEAN di London, Inggris. 

 

Saat itu, Sri Mulyani merasa minder dengan negara tetangga, Malaysia. Ia merasa gelisah dengan ketertinggalan pendidikan Indonesia dengan Malaysia di mana Menteri Keuangan Malaysia saat itu banyak memiliki staf yang belajar di London School of Economics, Inggris. Sementara, ia tidak.

 

Berangkat dari hal tersebut, Sri Mulyani kemudian memiliki keinginan untuk menyekolahkan orang Indonesia ke universitas terbaik di dunia dengan beasiswa dari pemerintah Indonesia. Ia pun memulai LPDP dengan alokasi dana Rp 1 triliun pada tahun 2010 yang bersumber dari alokasi anggaran pendidikan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 

Visi & Misi LPDP

Berdirinya LPDP memiliki bertujuan untuk mencetak SDM dari putra putri bangsa yang diharapkan mampu menjadi pemimpin dan tenaga profesional untuk memajukan bangsa Indonesia. Berikut adalah visi dan misi dari berdirinya LPDP.

 

Visi

  • Menjadi lembaga pengelola dana terbaik di tingkat regional untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan

 

Misi

  • Mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan
  • Mendorong riset strategis dan/atau inovatif yang implementatif dan menciptakan nilai tambah melalui pendanaan riset.
  • Menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi berikutnya melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal
  • Sebagai last resort, mendukung rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam melalui pengelolaan dana cadangan pendidikan

 

Pencapaian LPDP

Total akumulasi penerima beasiswa LPDP terus meningkat lho, guys. Jika pada 2013 jumlahnya 1.500 orang, maka pada 2021 ini jumlah penerimanya sudah mencapai 27.997 orang. Selain itu, perlu kamu tahu bahwa semenjak berdiri pada tahun 2010, ternyata lembaga pemberi beasiswa ini telah banyak meraih penghargaan lho, guys. 

 

Berikut ini penghargaan yang berhasil diraih oleh LPDP:

  • Public Relations Indonesia Awards - owned media category
  • Public Relations Indonesia Awards - crisis management category
  • ISO 9001:2008 Certificate
  • MURI Award by Indonesian Museum of Records - Writing the Youth Pledge Text in Traditional Scripts
  • MURI Award by Indonesian Museum of Records – Indonesia’s Most Scholarship Provider to Study Abroad for Master and Doctoral Degrees
  • Corruption-Free Zone by the Minister of Finance
  • Corruption-Free Zone by the Minister of Administrative and Bureaucratic Reform
  • Unqualified Opinion by the Audit Board of the Republic of Indonesia (BPK-RI) on LPDP Financial Statements
  • Unqualified Opinion by PWC on LPDP Financial Statements
  • Top 500 Public Investors - Official Monetary and Financial Institutions Forum (OMFIF)

 

Nah, itulah pengenalan singkat tapi mendalam tentang apa itu beasiswa LPDP. Buat kalian yang sedang persiapan mendaftar beasiswa LPDP, tetap semangat! Pastikan kalian menyiapkan pesyaratannya dengan sebaik mungkin ya. Salah satu persyaratan yang jadi momok orang-orang yang ingin mendaftar beasiswa LPDP adalah persyaratan sertifikat TOEFL. 

 

Buat persiapan supaya nggak gagal waktu ikut tes TOEFL, yuk siapin diri kamu dengan ikutan program TOEFL Master Class di Englishvit. Di kelas ini kamu bakalan belajar cara-cara meraih skor TOEFL 550+. Setelah ikut kelas TOEFL Master Class, kamu bakalan bisa:

  • Mendapatkan skor TOEFL lebih dari 550+
  • Paham saat mendengarkan audio di soal listening
  • Tahu trik mengerjakan soal grammar dengan cepat
  • Hafal vocab-vocab sulit yang sering muncul di tes TOEFL

 

Menarik kan? Ada banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program TOEFL Mini Bootcamp ini. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program TOEFL Master Class.

 

Kalau kamu tertarik dan ingin bertanya-tanya dulu seputar program TOEFL Master Class, kamu bisa langsung menghubungi admin untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai jumpa di kelas!