Surat rekomendasi beasiswa jadi salah satu dokumen penting yang harus kamu persiapkan sebagai syarat beasiswa. Tapi surat rekomendasi itu apa sih? Nah buat yang belum paham tentang surat rekomendasi, ulasan di bawah bisa banget nih kamu baca. Check this out!

Sebagai beasiswa hunters, kamu pasti sering dong nemuin “surat rekomendasi” sebagai salah satu persyaratan beasiswa. Nggak cuma 1 beberapa dari beasiswa juga minta 2 atau bahkan 3 surat rekomendasi. 

Bingung nggak sih surat rekomendasi itu apaan? Dan lagi, minta surat rekomendasi itu harus kemana

Sebagai sesama beasiswa hunters, aku bakal share nih info terkait surat rekomendasi satu-persatu. Jangan lupa siapin catetan dan fokus for this information ya..

Pertama-tama, surat rekomendasi adalah surat (ditulis oleh guru/dosen/profesor/mentor) yang mengatakan bahwa kamu layak buat dapet beasiswa ini dan menjamin kalau kamu nggak akan ngecewain si pemberi beasiswa. 

Kedua, karena surat rekomendasi bisa ditulis oleh guru/dosen/profesor/mentor berarti kamu harus meminta surat rekomendasi ke orang-orang tersebut. 

Selain 2 hal penting di atas, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam nyiapin surat rekomendasi. Antara lain: 

  • Pemberi Surat

Pilih orang yang paling kenal baik sama kamu. Bisa wali kelas, dosen pembimbing, atau bahkan mentor penelitian kamu. Hal ini disarankan supaya pemberi surat bisa menceritakan diri kamu secara detail dan akurat, alhasil isi surat rekomendasi nggak asal-asalan dan lebih meyakinkan. 

  • Cara Minta

Untuk cara minta surat rekomendasi kamu bisa mulai dengan menghubungi orang yang terkait dari jauh-jauh hari. Dosen ataupun guru punya banyak jadwal ya, jadi nggak bisa dadakan. Ketika menghubungi, kamu bisa memulai dengan bercerita terkait rencana studi dan beasiswa kamu. Kalau udah tersampaikan tanya deh apakah orang tersebut bersedia memberikan surat rekomendasi atau enggak. Kalau iya kamu bisa obrolin deh kelanjutannya, tetep sopan dan nggak ngeburu-buruin ya…

  • Format Surat

Beberapa beasiswa biasanya punya format surat rekomendasi. Nah kalau ada kamu kirimin aja format file ke penulis surat rekomendasi. Kalau nggak ada berarti bebas. Tapi setidaknya kamu harus tau si penulis harus nulis poin apa aja di surat rekomendasi. 

  • Surat Rekomendasi Bahasa Inggris

Surat rekomendasi harus bahasa Inggris tapi penulis surat rekomendasi nggak bisa bahasa Inggris, gimana dong? Tenang ya, sekarang udah banyak banget aplikasi penerjemah. Kalau masih ragu bisa lho pergi ke penerjemah tersumpah buat ngubah surat rekomendasi ke bahasa Inggris, yang ini biasanya berbayar. Gampang kan..

Udah paham kan surat rekomendasi itu apaan… 

Kalau udah paham langsung aja deh siapin dari sekarang, inget ya persyaratan beasiswa harus disiapin dari jauh-jauh hari. 

Surat rekomendasi, udah ya…

TOEFL udah persiapan belum nih? Kalau belum, harus tau tips buat 5 Tips Menjawab Soal Grammar TOEFL di sini.