LoA adalah dokumen krusial yang biasa ditemukan pada persyaratan beasiswa luar negeri. Kamu ingin tau cara mendapatkan LoA, simak artikel ini sampai habis ya!

Persyaratan kuliah di luar negeri memang sedikit berbeda dengan kuliah di dalam negeri, apalagi kalau kamu ingin mendapatkan beasiswa juga. Banyak dokumen yang harus kamu persiapkan, salah satunya adalah LoA atau letter of acceptance.

Apa itu letter of acceptance?

Letter of acceptance atau LoA merupakan dokumen yang harus kamu penuhi sebagai bukti bahwa kamu dinyatakan diterima di kampus tujuanmu secara resmi. LoA harus kamu dapatkan sebagai tahapan awal untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Kamu bisa menggunakan LoA untuk mengajukan beasiswa dari dalam maupun luar negeri.

Dengan adanya letter of acceptance, kamu bisa memiliki poin unggul untuk menguatkan aplikasimu kepada penyedia beasiswa yang kamu ajukan. LoA juga dibutuhkan untuk pengajuan visa sebagai syarat mendapatkan hak tinggal di negara tujuan.

Bagi kamu yang baru mengetahui LoA, dokumen ini terbagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah Unconditional Letter of Acceptance dan Conditional Letter of Acceptance.

Unconditional Letter of Acceptance

 Seperti namanya, unconditional LoA adalah surat keterangan bahwa kamu diterima di kampus bersangkutan tanpa adanya syarat tertentu. Biasanya unconditional LoA berisi mengenai program studi, masa studi, pembayaran, dan informasi-informasi mengenai tahapan berikutnya.

Kalau kamu sudah mendapatkan unconditional  LoA , kamu bisa langsung mendaftar ulang  atau melanjutkan proses pendaftaran ke tahap berikutnya. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai syarat pengajuan beasiswa.

Conditional Letter of Acceptance 

Berbeda dari jenis LoA di atas, conditional LoA menyatakan bahwa kamu diterima di universitas bersangkutan dengan adanya persyaratan yang harus kamu penuhi. Itu berarti, kamu belum sepenuhnya diterima sebagai mahasiswa. Kamu harus melengkapi semua persyaratan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan unconditional LoA.

 Biasanya syarat yang belum terpenuhi diantaranya adalah skor TOEFL atau IELTS yang belum memenuhi standar, belum menyerahkan ijazah, surat rekomendasi, atau dokumen lain yang universitas minta.

Nah sekarang kamu sudah tau kan apa itu LoA dan apa saja jenisnya?

            “Sudah dongg....”

Tau cara mendapatkannya?

            “Engga tau, tapi pengen tau :) ”

Kalau kamu ingin tau cara mendapatkan LoA, kamu bisa belajar dari Kak Adilan Widyawan Mahdiyasa nih. Kak Adilan akan berbagi pengalamannya mengenai cara memperoleh LoA pada salah satu rangkaian program EDUFEST yang akan diadakan oleh EnglishVit.

Kamu sudah tau belum siapa Kak Adilan itu?

Kalau belum kita kenalin nih.

Pria bernama lengkap Adilan Widyawan Mahdiyasa ini ialah seorang dosen tetap di program studi Matematika Institut Teknologi Bandung, kampus yang juga merupakan tempatnya menimba ilmu saat jenjang sarjana dan masternya. Sekarang Kak Adilan sedang menempuh pendidikan PhD nya di University of Nottingham, UK jurusan Chemical and Environmental Engineering.

Kamu penasaran bagaimana cara Kak Adilan mendapatkan LoA dari University of Nottingham?

Kalau kamu penasaran, kamu bisa nih ikutan seminar online yang akan diisi oleh beliau pada 15 November 2020 nanti GRATIS!

Selain Kak Adilan, akan ada 7 speaker keren yang akan mengisi seminar online pada rangkaian EDUFEST dengan berbagai topik yang akan membantumu menghadapi seleksi beasiswa untuk kuliah ke luar negeri.

Siapa saja ya? Penasaran? Follow akun Instagram kami @englishvit supaya kamu tidak ketinggalan informasi ;) 

Dengan mengikuti EDUFEST ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  • Mendapat konsultasi gratis, kelas ini dilengkapi group support yang akan memudahkan meraih beasiswa.
  • Mendapatkan materi langsung dari penerima awardee.
  • Mendapatkan partner dalam mencari beasiswa, sehingga kamu tidak ketinggalan informasi tentang beasiswa.
  • Group Komunikasi Beasiswa Seumur Hidup

Kalau kamu tertarik untuk berpartisipasi dalam rangkaian EDUFEST ini, kamu bisa mendaftar dengan KLIK DI SINI