Kamu mau lanjut S2 tapi ingin biaya kuliahmu ditanggung oleh negara? Beasiswa LPDP ini cocok untuk kamu!

LPDP merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dan mempunyai banyak peminat dari penjuru negeri. LPDP tidak hanya mengcover biaya kuliah saja tapi juga biaya hidupmu. Oleh karena itu banyak orang berlomba untuk bisa mendapatkannya. Lalu apa yang harus dipersiapkan agar kamu bisa mengalahkan pesaing lainnya?

Setiap beasiswa mempunyai persyaratan yang berbeda karena tujuan masing-masing beasiswa itu pun berbeda. LPDP bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter pemimpin, profesional, saintis, dan teknorat agar tidak tertinggal dan mampu bersaing dengan negara lain. Tentu saja sumber daya manusia yang dimaksud ialah masyarakat Indonesia itu sendiri.

Setelah lulus S1, setiap orang memiliki pilihan untuk melanjutkan hidupnya. Ada yang bekerja, membangun bisnis, menikah, melanjutkan S2, atau menganggur. Setiap pilihan pasti terdapat alasan dibaliknya. Perihal menganggur, mungkin itu bukanlah pilihan bagi sebagian orang tapi karena terpaksa dengan keadaan. Mau kerja namun belum ada panggilan, mau mulai berbisnis tapi tidak ada modal, menikah belum ada calonnya, ingin lanjut S2 tapi tidak ada biayanya “)

Nah, untuk sebab menganggur yang terakhir, beasiswa LPDP ini cocok bagi kamu yang ingin memperkaya ilmu dengan kuliah di dalam maupun di luar negeri tanpa memikirkan biaya. Terlebih lagi jika kamu berniat untuk berkontribusi dalam membangun bangsa di masa depan. Pendaftaran LPDP untuk tahun ini dibuka pada tanggal 6 Oktober 2020 s/d 20 Oktober 2020. Sebaiknya kamu jangan menyia-nyiakan kesempatan berharga ini. Tapi ingat, kalau kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini untuk kuliah di luar negeri, kamu harus kembali dan berkontribusi untuk Indonesia setelah menyelesaikan masa studimu.

Pembukaan LPDP untuk tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hanya dibuka dua jenis beasiswa yaitu Beasiswa Pendidik dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia.

  • Beasiswa pendidik adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi guru tetap sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berniat melanjutkan ke jenjang magister, serta dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah Kemendikbud yang ingin melanjutkan ke jenjang doktoral.
  • Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia hanya diperuntukkan bagi kamu yang telah mendapatkan Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia yang terdapat dalam daftar yang dibuat LPDP pada jenjang magister dan doktoral.
     

Perlu kamu ketahui, pihak LPDP tidak menentukan kuota penerimaan. Kamu akan dinyatakan lolos apabila kualitasmu memenuhi kriteria yang ditetapkan LPDP.

Nah untuk bisa memenuhi kriteria, kamu harus mempersiapkan dirimu sebaik mungkin. Kamu harus mengetahui tips untuk bisa masuk dalam daftar kandidat terbaik.

Apa saja ya tipsnya?

Tenang, kamu bisa nih belajar dari Kak Alinda Chrisly Patricia! Kak Alinda merupakan penerima beasiswa LPDP untuk kuliah di Master of Tesol, Monash University, Australia.

Kak Alinda ini mempunyai target untuk bisa memperkaya ilmu di Monash University sejak lama. Namun karena kendala finansial, ia pun mendaftar beasiswa AAS (Australian Awards Scholarship) untuk bisa mengcover biaya yang ia butuhkan, namun nasib baik tidak memihak dirinya. Ia tidak berhasil menjadi awardee AAS pada waktu itu.

Akan tetapi Kak Alinda tidak menyerah begitu saja. Cita-citanya untuk bisa kuliah di Monash University tidak menyurutkan niatnya untuk mencari sumber pendanaan lain.

Saat itu adalah hari terakhir pendaftaran LPDP. Kak Alinda pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Ia mengerahkan yang terbaik untuk bisa melewati setiap tahapan dalam proses seleksi. Akhirnya, berkat kerja kerasnya, pada tahun 2019 lalu Kak Alida lulus dengan gelar Master of Tesol nya dengan beasiswa LPDP yang telah ia perjuangkan. Semua itu bisa terjadi karena ia selalu berpegang pada mottonya yaitu “do the best to be the best”.

Untuk kamu yang ingin mengikuti jejak Kak Alinda, jangan pernah menyerah ya.. Kak Alinda akan berbagi tips untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi LPDP nih biar kamu makin semangat. Kamu bisa mengikuti webinar pada tanggal 7 November 2020 yang akan diisi ole Kak Alinda Chrisly Patricia dengan tema “LPDP Preparation Tips” sebagai bahan persiapanmu untuk seleksi tahun depan.

Mulai tanggal 7 November 2020 s/d 29 November 2020 EnglishVit akan mengadakan EDUFEST yang akan mengulik serba-serbi mengenai beasiswa dan kuliah luar negeri loh...

Selain Kak Indah, akan ada 7 speaker lain yang tak kalah hebatnya nih. Siapa saja ya? Penasaran? Follow akun Instagram kami @englishvit supaya kamu tidak ketinggalan informasi ;)

Dengan mengikuti EDUFEST ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  • Mendapat konsultasi gratis, kelas ini dilengkapi group support yang akan memudahkan meraih beasiswa.
  • Mendapatkan materi langsung dari penerima awardee.
  • Mendapatkan partner dalam mencari beasiswa, sehingga kamu tidak ketinggalan informasi tentang beasiswa.
  • Group Komunikasi Beasiswa Seumur Hidup

Kalau kamu tertarik untuk berpartisipasi dalam rangkaian EDUFEST ini, kamu bisa KLIK DI SINI