englishvit.com - Pastinya udah gak asing sama Google Translate kan? Alat terjemahan ini sering banget dipake untuk ngartiin kata atau kalimat yang kita gak tau artinya. Tapi setelah ini, lebih baik stop deh pake Google Translate. If you don’t know, Google Translate tuh salah kalo menerjemahkan! Check this out for the explanations!

Kenapa Google Translate salah menerjemahkan?

Biasanya kalo lagi nugas atau pas belajar bahasa Inggris kalo tiba-tiba ada kata atau kalimat yang gak tau artinya pasti langsung pake Google Translate buat cari translationnya. Karena kita tau, Google Translate merupakan salah satu translation tools yang disediakan Google untuk menerjemahkan kata atau teks dari satu bahasa ke bahasa lain sesuai kebutuhanmu.

Fyi, Google Translate pertama kali dikenalkan Google pada tahun 2006 yang mana machine translator ini bisa menerjemahkan kata, phrase atau teks panjang lebih dari 100 macam bahasa. Mulai dari kalimat/teks yang diketik langsung di Google Translate atau berbentuk file, audio, foto dan teks yang ditulis langsung bisa diterjemahkan oleh Google Translate. Jadi kamu bisa pake tools ini nih buat nerjemahin teks dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau ke bahasa lainnya.

Tapi masalahnya adalah, kamu tau gak kalo Google Translate tuh ternyata gak 100% akurat terjemahannya? Memang sih kalo kamu pake cuman nerjemahin satu kata kayak “Hi” atau “Sea” artinya sudah pasti benar. Namun, jika kamu pake untuk ngartiin satu kalimat atau full satu teks, you may consider again for using Google Translate.

Google Translate is only a machine translator

Simplenya gini, Google Translate itu mesin yang dibuat oleh manusia untuk bisa mengartikan teks ke dalam bahasa yang kita butuhkan. Otomatis data-data yang digunakan oleh Google Translate berasal dari manusia yang mana kadang benar atau salah. Selain itu, karena ini adalah mesin, tidak semua data yang dimiliki 100% akurat. Jika kamu mau bikin notes ke hotel sebelum check-in hotel atau mau ngomong ke temen tapi gak tau artinya, machine translator ini bisa banget kamu pake. Namun, gak disarankan jika kamu pake Google Translate untuk menerjemahkan teks resmi, seperti essay, CV, dokumen terkait bisnis karena akan berakibat fatal.

Dan juga, bahasa punya rules yang kompleks pada grammar, seperti penggunaan tenses, idioms dan lainnya. Sehingga untuk teks seperti dokumen resmi untuk bisnis atau essay sekolah tidak bisa diartikan dengan Google Translate karena ditakutkan akan muncul kesalahan makna yang mengakibatkan misunderstanding. It’s better if a human translates it than a machine. Lebih baik jika manusia yang menerjemahkan daripada mesin penerjemah.

Google Translate tidak mengoreksi kata

Selain kurang akurat dalam menerjemahkan, Google Translate juga tidak punya fitur proofreading untuk bisa mengoreksi kata atau kalimat yang salah penggunaannya. Karena kita tau bahasa sangat kompleks, terutama dari sisi grammar. Untuk itu, lebih baiknya kalo mau pake Google Translate hanya untuk teks-teks ringan aja bukan untuk penggunaan teks resmi. Kamu juga bisa minta bantuan orang lain yang memang expert dalam bahasa tersebut untuk menerjemahkan teks yang ada.

Intinya, Google Translate merupakan tools gratis yang bisa diakses kapan saja dan juga akurat jika untuk menerjemahkan teks yang ringan. Namun, biarpun akurat mesin tetaplah mesin karena pasti terdapat error atau kesalahan dalam penerjemahan. Jadi human translation lebih baik dibanding machine translation. 

Biar kamu gak perlu lagi pake-pake translation tools untuk ngartiin teks, khususnya teks berbahasa Inggris, berarti mulai sekarang kamu belajar bahasa Inggris. Kalo bisa belajarnya di Englishvit. Kenapa di Englishvit? Disini, kamu bisa pilih program kelas untuk belajar bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu gak tau nih kebutuhanmu sampe mana, sebelum memilih kelas kamu bisa tes bahasa Inggrismu di websitenya Englishvit. Selain program kelas yang ditawarkan, kamu juga bakal dapetin benefit selama kelas berlangsung, mulai dari video, audio pembelajaran, daily quiz, konsultasi bersama tutor dan grup belajar yang bisa diakses dimana saja.

Tunggu apalagi? Sayang banget kalo gak belajar di Englishvit. Dan kalau kamu ingin daftar kelasnya, kamu bisa cek langsung website englishvit untuk checkout langsung kelasnya atau bisa juga chat admin dulu untuk tanya-tanya lebih lanjut yaa. Jangan lupa juga untuk cek Instagram englishvit yaa.