englishvit.com - Mempelajari Bahasa Inggris tidak hanya belajar tentang tenses, vocabulary, ataupun pronunciation. Mempelajari ungkapan (Idiom) juga tak kalah penting untuk dipelajari. Dengan mempelajari ungkapan-ungkapan bahasa Inggris ini, kamu jadi tahu ungkapan mana yang sering diucapkan oleh native speakers dan juga pengetahuanmu kosakata kamu semakin berkembang.

Idiom tuh apa sih ? Idiom merupakan ungkapan yang tidak bisa diartikan secara literal sesuai dengan kaidah tata bahasa yang ada. Nah, ada banyak sekali bentuk dari idiom yang mempunyai berbagai macam makna.

Kali ini englishvit akan membahas 5 bentuk idiom yang digunakan untuk percakapan sehari-hari dan harus kamu tahu.

Idiom Bahasa Inggris Beserta Contoh

To kill two birds with one stone

Ungkapan pertama yang akan kita bahas adalah “To kill two birds with one stone. Menurut Cambridge Dictionary, ungkapan ini memiliki arti mencapai 2 hal hanya dalam 1 aksi. Ungkapan ini biasa digunakan ketika seseorang ingin meraih dua hal yang mana dapat dilakukan dalam satu waktu.

Contoh kalimatnya adalah:

  • I can bring your suit to the cleaners when I pick up the kids and kill two birds with one stone. (Aku bisa membawa pakaianmu ke laundry ketika aku menjemput anak-anak dan melakukan dua hal ini dalam satu waktu.)
  • We can kill two birds with one stone by dropping off the mail when we go to the grocery store. (Kita dapat melakukan dua hal dalam satu waktu dengan mengantar surat ketika kita pergi ke supermarket.)

Keep an eye on someone/something

Ungkapan selanjutnya adalah “Keep an eye on someone/something” yang memiliki arti mengawasi seseorang atau sesuatu, atau bisa berarti mengawasi seseorang agar jauh dari masalah. Ungkapan ini digunakan ketika diminta untuk melihat atau mengawasi sesesorang atau sesuatu.

Adapun contoh kalimatnya adalah:

  • Keep an eye on your brother while I’m out, please. (Tolong awasi adikmu saat aku pergi keluar.)
  • You need to keep your eye on the ball so that you can hit it. (Kamu perlu memperhatikan bola agar kamu dapat memukulnya.)

Add fuel to the fire

Ungkapan lainnya yaitu “Add fuel to the fire”. Idiom ini memiliki arti membuat argument atau suasana menjadi lebih buruk. Ungkapan ini biasa digunakan ketika suatu kondisi yang sudah tidak bagus dibuat menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Berikut contoh penggunaan dari idiom ini:

  • The President said he wouldn’t add fuel to the fire by commenting without knowing all the facts. (Presiden berkata dia tidak akan membuat suasana menjadi lebih buruk dengan berkomentar tanpa mengetahui semua fakta yang ada.)
  • Roger was already upset, and your making fun of his mishap just added fuel to the fire. (Roger memang sudah kesal, dan ejekan kamu mengenai kejadian tak enak yang dialaminya hanya memperburuk keadaan.)

To wrap your head around something

Idiom “To wrap your head around something” memiliki arti untuk memahami sesuatu yang dianggap susah untuk dimengerti ataupun memamahi sebuah hal yang tidak pernah didengar sebelumnya. Biasanya ungkapan ini digunakan pada pola yang bersifat negatif.

Contoh kalimatnya yaitu:

  • I can’t wrap my head around why she made this decision. (Saya tidak mengerti mengapa dia membuat keputusan ini.)
  • Kate is willing to pay full price for an expensive handbag, but I just can't wrap my head around that. (Kate bersedia membayar dengan harga penuh untuk sebuah tas mahal, tapi aku tidak mengerti tentang hal tersebut.)

To call it a day

Ungkapan terakhir yaitu “To call it a day”. Menurut Cambridge Dictionary, ungkapan ini berarti menghentikan apa yang kamu lakukan karena kamu tidak ingin melakukannya lagi ataupun kamu merasa kalau sudah cukup melakukan hal tersebut. Idiom ini bisa digunakan ketika sudah di akhir hari dan kamu ingin mengakhiri kegiatan tersebut.

Adapun contoh dari penggunaan idiom ini yaitu:

  • I finished my work, I’m going to call it a day (Aku sudah menyelesaikan pekerjaanku, aku akan mengakhiri ini.)
  • After 14 years living and working in this country, she thinks it's time to call it a day. (Setelah 14 tahun tinggal dan bekerja di negara ini, dia berpikir kalau ini saatnya untuk mengakhiri ini.)

Dari 5 idiom ini, englishvit tantang kamu untuk membuat kalimat dari setiap bentuk idiom yang sudah dijelaskan di atas. Kamu bisa menulis jawabanmu di kolom komentar yaa!

Mempelajari idiom sebenarnya tidak terlalu sulit, asal kamu mau mencoba untuk memahami serta menghafalnya pasti kamu tidak akan lupa. Coba untuk menggunakan idiom-idiom ini pada percakapan sehari-hari kamu atau saat sedang belajar bersama partner belajar bahasa Inggrismu ya.

Ngomongin belajar bahasa Inggris,  englishvit punya program kelas English for Basic untuk belajar bahasa Inggris dari nol sampai bisa loh! Kamu bisa belajar speaking dan grammar 10x lipat lebih cepat dalam kurun waktu 1 bulan saja. Menarik kan?

Eits, masih ada keuntungan lain jika kamu daftar kelas English for Basic yang diantaranya adalah:

  • Kelas tatap muka via Zoom bersama tutor profesional 
  • Mendapatkan paket pembelajaran, seperti: ebook, video, audio, dan quiz
  • Latihan listening setiap hari serta vocabulary yang diberikan secara up to date
  • Grup konsultasi pembelajaran seumur hidup serta feedback dari tutor terkait perkembangan belajarmu
  • Harga yang terjangkau

Tunggu apa lagi, yuk daftarkan kelasmu dan mari belajar bahasa Inggris bersama englishvit!

Segera daftarkan dirimu di situs englishvit.com atau kontak langsung dengan admin jika kamu ada pertanyaan terkait program kelas DISINI.