englishvit.com - Gak cuman bahasa Indonesia aja yang punya logat bahasa yang beda-beda tiap daerah, bahasa Inggris juga punya aksen yang berbeda di tiap negara. Kayak di Inggris pakai British accent atau Amerika dengan American accent. Tapi bahasa Inggris tuh gak cuman punya 2 aksen ini aja, ada banyak banget English accents yang digunain, entah sama native speakers atau non-native speakers yang ada di seluruh dunia. 

Macam-macam English Accents

Biar kamu gak cuman tau British dan American accent aja, Englishvit bakal kenalin kamu macam-macam aksen bahasa Inggris lainnya. Jadi setelah ini kamu familiar sama aksen-aksen ini ya!

American Accent

Pastinya kamu dah gak asing kan sama aksen yang satu ini.Yup, dari semua aksen bahasa Inggris, American accent banyak banget dipakai sama orang-orang yang belajar bahasa Inggris di seluruh dunia. Kalau kamu suka sama artis Hollywood dan sering nonton film-film Hollywood, kebanyakan dari mereka nih pakai American accent. 

Untuk bisa bedain American accent dengan aksen-aksen lainnya, American accent punya perbedaan yang lebih kerasa pas pronunciation dan spelling. Kayak di pronunciation, pada huruf “R” lebih terdengar daripada British accent yang mana mereka gak nyebutin hurufnya. Malah bisa disebut sebagai Silent Letter “R” pada kata tersebut. Lalu dari segi spelling, untuk kata yang berakhiran “-or” di American accent beda dengan British accent yang jadinya dibaca “-our”.

  • Color (American accent) - Colour (British accent)
  • Honor (American accent) - Honour (British accent)

British Accent

Selain American accent, orang-orang yang belajar bahasa Inggris pasti tau nih British accent. Nah British accent dipakai di Inggris yang mana bahasa Inggrisnya asalnya dari sana. Pasti udah pada tau kan film Harry Potter atau The Kingsman? Nah 2 film ini tuh produksi dari Inggris dan mereka pakai British accent.

Mungkin kamu taunya para native speakers yang tinggal di Inggris cuman pakai British accent. In fact, British accent tuh punya banyak aksen loh gak cuman 1 jenis doang. Sama kayak Indonesia yang punya banyak logat berdasarkan daerah masing-masing, di Inggris juga sama. Karena Inggris terdiri dari banyak daerah, jadilah terdapat berbagai macam logat dari British accent. Beberapa logat dari British accent sendiri yaitu: Scottish, Geordie, Scouse, Yorkshire, Welsh, Brummie, West Country.

Pengen denger setiap aksen ini? Alissa saranin kamu harus nonton salah satu Netflix Series ini, yaitu The Crown. Karena series ini berlatar belakang Kerajaan Inggris, kamu bisa tau seluk beluk kehidupan Kerajaan sekaligus ngelatih listening kamu karena British accent yang mereka pakai sekaligus kenalan sama logat-logat yang dipakai.

Australian Accent

Untuk penggunaan Australian accent lebih menekankan pada pengucapan vowel atau huruf vokal yang lumayan jelas. Selain pengucapannya yang jelas, aksen ini juga gak membaca huruf terakhir dalam sebuah kata. Misalkan mereka mau ngomong “what?” menjadi “wha?” atau kata “going” jadi “goin”. Kalau kamu udah biasa dengerin Australian accent ini dijamin kamu bisa ngerti apa yang mereka omongin.

Dari segi pronunciationnya, Australian accent juga punya banyak slang words yang unik-unik. Diantara bentuk slang words-nya adalah:

  • A gas station (Pom bensin) = Servo
  • A mosquito (Nyamuk) = Mozzie

Singlish (Singapore English)

Kalau kamu jalan-jalan ke Singapore pasti dengerin mereka ngomong bahasa Inggris-nya lumayan beda dari yang lain. Bahkan kita gak ngerti mereka tuh ngomong apa walau udah pakai bahasa Inggris. Susahnya untuk paham Singlish alias Singapore English karena aksen yang satu ini menggunakan kata atau expressions yang berasal dari berbagai macam bahasa, seperti Melayu dan Mandarin.

Inilah berbagai macam aksen bahasa Inggris yang umum digunakan native speakers atau orang-orang yang belajar bahasa Inggris. Kira-kira kamu mau coba pake aksen yang mana nih? Dan juga, menurutmu dari aksen-aksen ini mana yang lebih susah dipahami? Kita diskusi di kolom komentar ya!

Ngomongin bahasa Inggris nih, kalau kamu pengen mantepin lagi bahasa Inggris kamu atau baru mau belajar bahasa Inggris, belajar di Englishvit aja nih! Karena di Englishvit kamu bisa belajar bahasa Inggris sesuai kebutuhan kamu, seperti butuh untuk speaking, grammar, atau TOEFL. Kamu bisa cek langsung di website Englishvit atau Instagram Englishvit untuk info lebih lanjut yaa!