Kenapa sih sistem pendidikan Singapura dinobatkan menjadi salah satu yang terbaik di dunia? Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita simak terlebih dahulu sejarah singkat negara tersebut! Singapura merdeka pertama kali pada tahun 1965. Pada saat itu, Singapura hanya memiliki tanah yang sempit dan sedikit sumber daya alam.

Lalu bagaimana negara ini bisa menjadi salah satu pusat perdagangan dan keuangan terbesar di dunia? Lee Kuan Yew sebagai perdana menteri pertamanya mengembangkan satu-satunya sumber daya alam yang tersedia di Singapura, yaitu rakyatnya. Dari sini jelas dong, pada saat itu Lee Kuan Yew memilih berinvestasi besar-besaran pada bidang pendidikan agar rakyatnya pada pinter-pinter.

Makanya ga heran dong, kenapa sekarang Singapura menempati peringkat teratas menurut Programme for International Students Assessment (PISA) untuk bidang matematika, sains, dan membaca. Untuk lebih jelasnya, berikut ini apa saja yang membuat sistem pendidikan Singapura dinobatkan menjadi yang terbaik di dunia:

  • Pendidikan menjadi prioritas utama dalam pengembangan SDM

Untuk menunjang kemajuan pendidikan, pemerintah Singapura mengucurkan dana yang yang sangat besar agar kualitas sumber daya manusia meningkat. Yang mana nantinya hal tersebut dapat mendorong peningkatan produktivitas sumber daya manusia.

  • Kurikulum berfokus pada keterampilan memecahkan masalah

Tujuan kurikulum pendidikan di Singapura adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis yang akan membantu memecahkan tantangan di dunia nyata.

  • Budaya yang kondusif

Di Singapura, semua anak dianggap pandai dan tidak ada yang bodoh. Dalam artian, sistem pendidikan di Singapura mengakui bahwa cara belajar setiap anak berbeda-beda. Makanya tak heran guys kalau Singapura sungguh-sungguh dalam memfasilitasi cara belajar siswa yang beragam.

  • Program pelatihan bagi guru

Untuk meningkatkan kualitas guru, Singapura biasanya menggalakkan program pelatihan bagi guru. Hal ini terlihat dari adanya National Institute of Education (NIE). Pelatihan tunggal yang biasa digalakkan NIE menjamin kontrol kualitas guru agar dapat berperforma baik pada saat mengajar di ruang kelas. Perlu kamu tahu bahwa NIE bahkan telah membuat model pelatihan baru bagi guru yang diberi nama “Model Pendidikan Guru Abad 21”.

  •  Keterlibatan orang tua di sekolah

Ternyata Singapura melibatkan partisipasi orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka di sekolah lho, guys. Hal ini terlihat dari adanya dua platform utama yang mewadahi interaksi antara guru dan orang tua. Dua platform tersebut adalah Parent Support Group yang terdiri dari sukarelawan orang tua di setiap sekolah di Singapura dan pertemuan tahunan antara guru dan orang tua yang mendiskusikan kemajuan masing-masing anak didiskusikan.