Englishvit.com - Kamu selama ini pasti mikirin apa sih perbedaannya American dan British English kan ya? Masa iya perbedaannya cuma pronunciation atau pengucapannya doang, kog kaya mustahil bingit kalau perbedaannya cuman itu doang!!


Nah, agar kamu nggak mati penasaran, apa lagi mati penasarannya masih ninggalin utang, Englishvit bakalan mengulas seputar perbedaan American dan British English. Kamu yang penasaran harus simak sampai habis ya! Biar setelah ini kamu bisa paham dan bisa menjelaskan kepada temen-temenmu kalau mereka nanya-nanya seputar masalah ini. Mantap ya! Kuy, kita mulai!


1. Spelling

Perbedaan yang terasa banget antara American dan British adalah pada SPELLING atau penulisan kosa-kata-nya. Ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang memiliki perbedaan penulisan antara American dan British. Kuy, kita simak contohnya guys!!

American English

British English

Color

Colour

Behavior

Behaviour

Theater

Theatre

Meter

Metre

Organize

Organise

Traveled

Travelled

 

2. Vocabulary

In case kamu belum tahu nih, kalau sebenarnya secara kosa-kata, antara American dan British English itu banyak banget yang bener-bener beda. Bukan hanya penulisannya saja yang beda kaya yang sebelumnya kita bahas. Secara bahasa memang bener-bener beda. 

Di bawah ini contohnya guys!

American English

British English

Apartment

Flat

Vacation

Holiday

Chips

Crips

(French) Fries

Chips

The movies

The cinema

Soda / Pop / Coke / Soft drink

Soft drink / Fizzy drink

Sneakers / Tennis shoes

Trainers

Sweater

Jumper

Mailbox

Postbox

Band-aid

Plaster

Drugstore

Chemist’s

Soccer

Football

Cookie

Biscuit


3. Prepositions

Kalau yang ini, aku yakin kalau banyak di antara pembaca artikel ini yang belum tahu nih!

Beneran ini ada, dalam American dan British English juga ada sedikit perbedaan dalam penggunaan prepositions atau kata depan.

Jadi kamu juga harus hati-hati dalam menggunakannya ya!!

American English

British English

I’m going to a party on the weekend.

I’m going to a party at the weekend.

What are you doing on Christmas?

What are you doing at Christmas?

Monday through Friday.

Monday to Friday.

It’s different from/than the others.

It’s different from/to the others.


Tapi gini ya guys, bukan berati kalau kamu menggunakan preposition yang American pada saat ngobrol sama orang British mereka akan menyalahkan kamu. No, They don’t do it! Mostly, mereka akan tetap mengerti dan respect sama perbedaan penggunaan bahasa ini. So, tetep santai dan enjoy aja, guys!!


4. Simple Past vs Present Perfect

Well, this one might be a new thing juga buat kamu. American dan British juga sering mengalami perbedaan dalam penggunaan Simple Past dan Present Perfect. Supaya kamu lebih ngerti, nih ada beberapa contoh yang kamu bisa perhatikan.

American English

British English

I ate too much.

I’ve eaten too much.

I went to the store.

I’ve been to the shop.

Did you get the newspaper?

Have you got the newspaper?

 

Bisa kamu perhatikan ya, dalam American English beberapa kegiatan seperti yang ada di atas dinyatakan dalam Simple past, sedangkan kalau British English lebih sering menggunakan Present Perfect.

Sampai sini jelas ya!!

“ Masih ada beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui antara American dan British English yang bakalan Englishvit kasih tahu. Tapi kayanya, ada baiknya juga englishvit kasih tahu, kalau di Englishvit itu ada kelas khusus buat kamu yang ingin belajar British English langsung dengan native speaker ya!”


 

Di program ini kamu bakalan dibimbing langsung oleh native speaker sehingga kamu bisa benar-benar mengupgrade BRITISH ENGLISH kamu dengan lebih intensive ya! Kalau kamu tertarik untuk mengetahui, lebih lanjut soal program SPEAK LIKE A NATIVE ini, kamu bisa konsultasi langsung dengan admin ya!

KONSULTASI DI SINI


5. The past participle of get

Dalam American dan British English, perbedaan perubahan GET menjadi sangat berbeda. Berikut perubahannya:

American English

British English

get — got — gotten

get — got — got

I haven’t gotten any news about him.

I’ve not got any news about him.


Jelas banget bedanya ya!

6. Collective nouns : Singular or plural?

Tahukah kamu, collective noun dalam American selalu dianggap sebagai Singular noun, sementara dalam British bisa collective noun menjadi Plural ataupun Singular. Tapi umumnya, Collective noun dinyatakan sebagai plural noun dalam British English. Dalam British, collective noun menjadi singular jika mempresentasikan satu kesatuan atau satu group secara keseluruhan. Sedangkan Collective noun menjadi plural, apabila merepresentasikan member atau anggota dari kesatuan tersebut.

Berikut contohnya:

American English

British English

The government is doing everything it can during this crisis.

The government are doing everything they can during this crisis.

My team is winning.

My team are winning.


Nah, itu dia perbedaan antara American dan British English yang bisa kamu pelajari lebih jauh ya! 

Oh ya, jangan sampai kamu putus asa untuk terus meningkatkan skill bahasa Inggrismu ya! Kalau kamu ingin berkonsultasi seputar upgrade skill bahasa Inggrismu, kamu bisa menghubungi Englishvit langsung ya!

 KLIK DI SINI untuk berkonsultasi dengan admin englishvit.