Lagi nyari rekomendasi novel bahasa Inggris untuk pemula? You’re in the right place! Membaca novel bahasa Inggris memang sudah populer jadi salah satu metode untuk menambah vocabulary. Cara ini juga manjur buat ningkatin skill reading lho. 

 

Lewat baca novel bahasa Inggris, kamu bisa paham vocab yang mungkin belum tentu butuhkan saat ini, tetapi akan sangat berguna di kemudian hari. Pengen tahu apa aja novel bahasa Inggris yang cocok buat pemula? Langsung aja scroll ke bawah buat tahu rekomendasinya! 

 

10 Novel Bahasa Inggris yang Mudah Dipahami Pemula

 

 

1. One of Us Is Lying

One of Us Is Lying adalah novel karya Karen M. McManus. Mungkin beberapa dari kalian familiar ya dengan judul ini, ya? Yups, bener banget! Buku ini memang sudah diadaptasi jadi sebuah series di Netflix.

 

Jumlah halaman buku ini tidak terlalu banyak kok cuma 386 halaman aja! Misteri-misteri yang ada di novel ini dijamin bakal bikin kamu penasaran dan nggak sadar buat turn the page of the book

 

One of Us Is Lying berisi cerita lima murid SMA yang sedang dihukum karena membawa HP. Nah, ditengah-tengah hukuman itu, salah satunya murid tiba-tiba meninggal dunia karena minum air putih yang beracun. Penasaran siapa yang membunuh murid itu? Kamu bisa langsung baca novel lengkapnya untuk tahu pembunuhnya!

 

Baca juga: Cara Meningkatkan Skill Bahasa Inggris dengan Novel

 

2. For Keeps

Novel rekomendasi yang kedua kali ini bertemakan keluarga. For Keeps bercerita tentang Josie Gardner dan ibunya, Kate, yang hanya tinggal berdua selama enam belas tahun. 

 

Selama hidupnya Josie sama sekali belum pernah bertemu ayah kandungnya. Ayah Josie ternyata meninggalkan ibunya saat dulu sedang hamil. Tiba-tiba keadaan berubah. Ayah Josie ternyata kembali ke kota tempat tinggal Josie dan ibunya. 

 

Josie pun kebingungan. Dia harus berurusan dengan bukan hanya satu, tapi dua pria dalam hidupnya, yaitu ayahnya dan pacar pertamanya, yang Josie dia takutkan akan menyakitinya seperti ayahnya menyakiti ibunya.

 

3. Bridge to Terabithia

Bridge to Terabithia adalah novel fiksi bergenre fantasi yang ditulis oleh Katherine Paterson. Buku ini bercerita tentang sepasang sahabat laki-laki dan perempuan, Jesse Aarons dan Leslie. Jess dan Leslie bersekolah di sekolah yang sama, selain itu Leslie rupanya juga tinggal di seberang rumah Jess.

 

Mereka selalu bermain di hutan setiap pulang sekolah. Di sana, mereka  menyeberangi  sungai kecil, melompatinya dan menganggap bahwa mereka berpindah ke tempat ajaib bernama Terabithia. 

 

Diakhir cerita, terdapat suatu kejadian tragis yang terjadi di antara sepasang sahabat ini.  Buat kamu yang udah pernah nonton film Bridge to Terabithia, nggak ada salahnya lho nyobain buat baca versi  bukunya.

 

 

4. Five Little Peppers and How They Grew

Five Little Peppers and How They Grew adalah buku karya dari penulis Harriett Lothrop. Buku ini mengisahkan tentang lima anak bersaudara, Polly, Ben, Joel, Davie, dan Phronsie Pepper yang hanya tinggal bersama ibu mereka dalam kemiskinan yang hampir tak bisa memenuhi kebutuhannya.

 

Permasalahan dimulai ketika Ben dan Polly bersekongkol untuk menghibur saudara-saudaranya dengan cara memberi mereka natal yang tak terlupakan. Namun, hal-hal yang tak diinginkan terjadi, Phronsie melarikan diri dari rumah. Saat melarikan diri, Phronsie terjebak dalam bahaya dan dipertemukan dengan Jasper King muda, yang pada akhirnya akan mengubah nasib keluarga Pepper.

 

5. Dear Nobody

Dear Nobody adalah sebuah novel young adult karya Berlie Doherty. Novel ini mengisahkan tentang dua remaja, Helen dan Chris, yang hamil diluar pernikahan. Buku ini diawali dengan Helen yang menceritakan kegembiraan, ketakutan, dan ketidakamanannya selama masa kehamilan di luar nikah dalam serangkaian surat yang ditulis untuk anaknya yang belum lahir yang ia panggil sebagai ‘Nobody’.

 

Diakhir cerita, penulis juga menyampaikan sudut pandang Chris sebagai pihak lelaki dalam tragedi kehamilan ini, dan tidak lupa pula menceritakan masa depan yang akan terjadi pada Chris, Helen, serta anak mereka. Selain mempunyai nilai moral yang tinggi, novel ini akan sangat cocok untuk pemula karena ditulis dengan kosakata bahasa Inggris yang sering digunakan sehari-hari.

 

6. Diary Of Wimpy Kid

Diary Of Wimpy Kid adalah salah satu novel serial karya Jeff Kinney. Buku ini mengisahkan tentang kehidupan seorang anak laki-laki bernama Greg Heffley yang baru saja masuk SMP. Dalam novel Greg digambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang lemah dan cupu. Greg harus bisa bertahan di SMP dan selamat dari gangguan kedua saudara laki-lakinya, Manny dan Rodrick yang menyebalkan. 

 

Seperti judulnya, buku ini ditulis dengan format seperti buku diary yang sesungguhnya serta dilengkapi dengan ilustrasi menarik yang mendukung cerita dalam buku. Saat ini, sudah ada 16 buah serial buku Diary Of Wimpy Kid yang sudah terbit dan bisa dibeli di toko buku lho. Apa kamu tertarik membaca buku ini?

 

 

7. The Old Man and The Sea

The Old Man and The Sea adalah salah satu novel karya penulis legendaris dalam perkembangan sastra, Ernest Hemingway. Meskipun novel ini telat terbit sejak tahun 1951 lalu, pilihan kosakata yang digunakan dalam buku ini masih bisa dipahami oleh pemula yang kemampuan bahasa Inggrisnya masih di level basic. 

 

Secara singkat, buku ini menceritakan tentang seorang nelayan tua bernama Santiago, yang berasal dari Kuba. Selama delapan puluh empat hari, ia telah berlayar kelautan dan kembali dengan tangan kosong tanpa membawa satu ikan pun. Setelah sial selama delapan puluh empat hari, ia bertekad akan berlayar dan tak akan kembali tanpa membawa tangkapan. 

 

8. The Perks of Being a Wallflower

The Perks of Being a Wallflower adalah buku karya dari penulis Stephen Chbosky yang pertama kali terbit tahun 1999. Buku ini menceritakan tentang kisah Charlie, seorang remaja laki-laki introvert yang baru masuk SMA. Ia merasakan perasaan jatuh cinta sekaligus dihadapkan dengan masa lalunya yang traumatis.

 

Novel ini tidak dibagi berdasarkan bab, melainkan dibagi berdasarkan surat-surat bertanggal yang diceritakan ditulis oleh Charlie. Charlie menulis seluruh buku sebagai serangkaian surat kepada teman anonimnya. Pembaca tak akan pernah tahu siapa ‘teman’ ini, dan ‘teman’ ini juga tidak pernah membalas surat dari Charlie.

 

Itulah beberapa rekomendasi buku bahasa Inggris yang mudah dipahami untuk pemula yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Sekarang, kamu juga jadi makin tahu tentang pentingnya membaca buku bahasa Inggris untuk meningkatkan skill bahasa Inggris. 

 

Buat sobat Englishvit yang udah nyoba belajar bahasa Inggris sendiri, tapi ngerasa skill bahasa Inggris kamu stuck dan gitu-gitu aja, yuk, konsultasikan kebutuhanmu dan kesulitanmu saat belajar bahasa Inggris secara GRATIS bersama Englishvit. 

 

Englishvit punya berbagai macam program kelas yang bisa kamu ambil sesuai dengan kebutuhanmu, diantaranya yaitu kelas:

  • English for Basic
  • Grammar for Speaking
  • Daily Conversation
  • Next Level English
  • English Pro
  • TOEFL Master Class

Tertarik untuk belajar bahasa Inggris bersama Englishvit? Klik DI SINI untuk konsultasi! See you in one of our classes!