Tingkatan bahasa Inggris di CEFR ini ada 6 level. Dari level yang paling dasar sampai level yang setara dengan native speaker ada tingkatannya. Biar paham apa maksud dari CEFR dan tingkatan yang ada di dalamnya, simak tulisan di bawah ya. 

CEFR yang merupakan singkatan untuk Common European Framework of Reference for Languages adalah standar internasional yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris di wilayah Eropa. Singkatnya CEFR dipakai untuk melihat seberapa baik kamu dalam berbicara dan memahami bahasa asing. 

CEFR memiliki 6 tingkatan yang berbeda-beda. Lebih jelasnya aku list di bawah ya, 6 tingkatan bahasa Inggris dalam CEFR

  • A1 Beginner

Tingkatan ini menjadi tingkatan paling dasar dalam CEFR. Menurut CEFR, Seseorang yang berada dalam tingkatan ini biasanya baru bisa memahami ungkapan sehari-hari dan kalimat sederhana yang umum digunakan. 

  • A2 Elementary

Setelah A1 Beginner tingkatan selanjutnya adalah A2 Elementary. Pada tingkatan ini seseorang sudah memiliki dasar bahasa Inggris lebih baik dari A1 Beginner. Pada tingkatan ini seseorang sudah dapat menuliskan teks berbahasa Inggris dengan topik yang sederhana. 

  • B1 Intermediate 

Level ini sudah melampaui kemampuan bahasa Inggris dasar namun jika untuk keperluan pekerjaan dan akademik secara mendalam seseorang dengan tingkatan B1 Intermediate akan mengalami sedikit kesulitan.

  • B2 Upper-Intermediate

Seseorang yang berada pada tingkatan ini sudah mampu menggunakan bahasa Inggris dengan spontan namun belum mencapai keakuratan yang baik seperti C1 Advanced. Setidaknya seseorang yang bekerja dan belajar menggunakan bahasa Inggris sudah mencapai tingkat ini sehingga dapat mengikuti jalannya pekerjaan dan pembelajaran dengan baik. 

  • C1 Advanced

Tingkatan yang nomer 5 dari CEFR adalah C1 Advanced atau lanjutan. Seseorang yang berada dalam tingkatan ini dapat mengungkapkan gagasan dengan spontan tanpa persiapan. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan bahasa Inggris dengan fleksibel dan efektif untuk tujuan apapun. 

  • C2 Proficient

Menurut CEFR level ini adalah tingkat dari native speaker. Seseorang yang berada pada tingkatan ini memungkinkan untuk membaca dan menulis mengenai apapun dalam bahasa Inggris. Seseorang yang ada di level ini biasanya aktif menggunakan bahasa Inggris baik untuk sehari-hari maupun urusan akademis dan lingkungan kerja.

Jadi dari 6 tingkatan yang ada di CEFR kamu ada di level mana nih? 

Level mana aja nggak masalah, yang penting tetep belajar buat mengasah kemampuan bahasa Inggris a dan jangan lupa buat praktekin. Buat yang mau belajar bahasa Inggris secara otodidak, kamu bisa nih cek artikel 3 Tahapan Belajar Bahasa Inggris Otodidak di sini.