4 jenis tes bahasa Inggris ini harus kamu pahami dulu sebelum kamu pilih salah satunya. Keempat tes tersebut adalah TOEFL, IELTS, dan PTE. Keempatnya memiliki ketentuan dan kegunaan yang berbeda-beda. Buat info lebih lengkapnya simak ulasan di bawah ya..

Saat ini sertifikat bahasa Inggris emang penting banget. Dari pendaftaran beasiswa sampai lamar semua kerja butuh sertifikasi bahasa Inggris. Maka dari itu perlu banget nih kalau kamu mulai ambil tes biar nantinya mempermudah urusan kamu. 

Sebelum ambil tes bahasa Inggris ada baiknya kalau kamu tau beberapa macam tes bahasa Inggris. Ini dia macam-macam tes bahasa Inggris yang harus kamu tau: 

TOEFL

TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) merupakan tes bahasa Inggris yang umum diketahui oleh banyak orang. Tes ini lebih familiar didengar oleh orang kebanyakan karena sering digunakan oleh beberapa instansi seperti universitas dan beberapa perusahaan. 

Tes TOEFL memiliki 2 tipe, TOEFL iBT dan TOEFL ITP. 

  1. TOEFL iBT (International Based Test) 

Tes TOEFL iBT adalah tes TOEFL berskala internasional yang muncul untuk menggantikan TOEFL berbasis komputer. Sesuai dengan namanya tes ini biasa digunakan untuk keperluan mancanegara seperti kelengkapan beasiswa ke luar negeri. Pada umumnya tes TOEFL iBT akan merekam semua jawaban dari semua pertanyaan di komputer yang  terhubung ke internet. Selanjutnya jawaban akan dikirim langsung ke ETS (Educational Testing Service).

                Tes ini dibagi menjadi 4 dengan skor maksimal adalah 120. 

Reading 

Jumlah pertanyaan : 12-14 

Durasi waktu : 60-100 menit

Listening

Jumlah pertanyaan : 5-6 untuk 6-9 bagian. 

Durasi waktu : 60-90 menit 

Speaking

Jumlah pertanyaan : 6

Durasi waktu : 20 menit

Writing 

Jumlah pertanyaan : 2 

Durasi waktu : 50 menit

2. TOEFL ITP (Institutional Testing Program)

TOEFL ITP adalah tes yang mengevaluasi bahasa Inggris diperuntukkan kebutuhan lokal seperti persyaratan melamar kerja pemerintahan dan tidak bisa seluas TOEFL iBT yang bisa digunakan secara internasional. TOEFL ITP banyak dilaksanakan pada negara-negara Asia termasuk Indonesia. 

               Sesi TOEFL ITP dibagi menjadi 3 dengan kisaran skor 310-677. 

Listening

Jumlah pertanyaan : 50 

Durasi waktu : 30-40 menit 

Structure & written expression

Jumlah pertanyaan : 40

Durasi waktu : 25 menit

Reading comprehension 

Jumlah pertanyaan : 50

Durasi waktu : 55 menit.

 

IELTS

IELTS (International English Language Testing System) adalah tes berbahasa Inggris yang sering digunakan untuk beberapa kepentingan ke luar negeri seperti beberapa negara Eropa seperti Inggris, Selandia baru dan beberapa negara lainnya. IELTS lebih mengarah ke British English. Penyelenggara dari IELTS ini juga biasa dari Cambridge University, British Council dan IDP Education Australia.

IELTS memiliki 2 modul, IELTS Akademik dan IELTS General Training.

            1. IELTS Akademik

Digunakan untuk kepentingan akademik seperti melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi IELTS akademik cocok untuk para calon mahasiswa yang akan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi seperti S1, S2 ataupun S3. Karena IELTS ini bertujuan untuk akademik tema soal yang diberikan tentang akademik seputar sejarah, pengetahuan akademik dan hal lain. 

            2. IELTS General Training 

Biasanya digunakan untuk kepentingan keimigrasian atau urusan pekerjaan. Soal-soal yang ada di model IELTS ini lebih mudah jika dibandingkan dengan IELTS Akademik karena pambahasan lebih kepada kehidupan sehari-hari yang umum.

Walaupun terbagi menjadi 2 modul, keduanya memiliki sesi tes yang sama yaitu 4 sesi dengan skor dari 0-9. 

Reading

Jumlah pertanyaan : 40 

Durasi waktu : 60 menit

Listening

Jumlah pertanyaan : 40

Durasi waktu : 30 menit

Speaking

Jumlah pertanyaan : 3 bagian

Durasi waktu : 11-14 menit

Writing

Jumlah tugas : 2

Durasi waktu : 60 menit

 

TOEIC 

Secara khusus TOEIC digunakan untuk mengukur kemampuan orang-orang berkomunikasi dengan Bahasa Inggris pada kehidupan sehari-hari dan menjadi standar global untuk pengukuran kemampuan Bahasa Inggris. TOEIC memiliki 3 tipe, TOEIC Listening & Reading Test, TOEIC Speaking & Writing Test, TOEIC Bridge. Dan kamu dapat memilih salah satu dari ketiganya. 

Berikut tipe tes yang ada pada TOEIC: 

              1. TOEIC Listening & Reading Test 

Terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, listening terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan durasi waktu 45 menit. Sesi kedua, reading terdiri dari 100 soal pilihan ganda dengan durasi waktu 75 menit.

              2. TOEIC Speaking & Writing Test. 

Tes ini juga dibagi jadi dua sesi. Sesi pertama, speaking  yang terdiri dari 11 soal dengan durasi waktu 20 menit. Sesi kedua writing terdiri dari 8 soal dengan durasi waktu 60 menit

             3. TOEIC Bridge

Tes ini terdiri dari 2 sesi. Listening Comprehension dan Reading Comprehension. Listening Comprehension terdiri dari 3 sesi dalam waktu 25 menit. Dan untuk Reading Comprehension terdiri dari 2 bagian dalam waktu 35 menit.

 

PTE 

Tes ini terbilang paling baru diantara ketiga lainnya lainnya. Diselenggarai oleh perusahaan pendidikan terbesar di dunia (Pearson)  PTE adalah tes yang berbasis komputer, dari tes hingga proses penilaian semua menggunakan komputer. Sertifikat PTE dapat digunakan diberbagai negara meliputi Inggris maupun Australia. 

Tidak seperti tes bahasa Inggris lainnya PTE ini lebih fleksibel, baik dalam waktu pengerjaan maupun proses pengerjaan. Dalam segi waktu, PTE dapat dilaksanakan sewaktu-waktu tanpa harus menunggu kuota peserta tes terpenuhi. Sedangkan dalam segi proses pengerjaan, peserta bisa sewaktu-waktu minta istirahat sekitar 15 menit. 

Sesi pengerjaan dibagi menjadi 3 sesi: 

1. Reading

Jenis soal : PIlihan ganda 

Durasi waktu : 32-41 menit

2. Listening

Jenis soal : Teks rumpang

Durasi waktu : 45-57 menit

3. Speaking and writing

Durasi waktu : 77-93 menit

Banyak kan pilihan tes bahasa Inggris yang bisa kamu coba untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Tentuin tes yang bakal kamu ikuti dengan mempelajari satu persatu dari beberapa tes di atas.

Jangan sampai belajarnya listening, structure & written expression dan reading comprehension tapi malah ikut test IELTS. Jangan lupa buat banyak latihan juga ya. 

Artikel tentang Cara mengerjakan Soal Reading TOEFL dengan Cepat bisa kamu baca buat belajar persiapan TOEFL. Klik di sini ya.